Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Studi Kasus untuk Meningkatan Hasil Belajar PKn

Authors

  • Made Sudarmini SD Negeri 1 Padangbulia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17850

Abstract

Sebagian besar siswa di kelas III SD Negeri 1 Padangbulia belum mencapai tingkat ketuntasan belajar yang ditetapkan di sekolah ini yaitu 74. Dari kekurangan yang ada di lapangan tersebut, peneliti mengupayakan sebuah kajian ilmiah dengan melakukan penelitian tidnakan kelas. Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode studi kasus dengan model pembelajaran problem based instruction dalam pelaksanaan proses belajar mengajar mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan dalam dua siklus menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnya memfokuskan pencairan datanya menggunakan tes hasil belajar dan melaksanakan analisis dengan analisis deskriptif. Setelah dilakukan refleksi, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata nilai 59,32 meningkat menjadi 69,77 rata-rata kelasnya pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 83,18. Data tersebut menunjukkan keberhasilan pelaksanaan penelitian sesuai indikator yang dicanangkan. Akhirnya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode studi kasus dengan model pembelajaran problem based instruction dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar mereka.

References

Arikunto, Suharsimi. 1995. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Fakhriyah, Fina (2016). Pengaruh Model Problem Based Instruction Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 2 No. 1 (Januari-Juni 2016) Print ISSN 2460-1187, Online ISSN 2503-281X

Kardi, Soeparman dan Mohamad Nur. 2000. Pengajaran Langsung. ProgramPascasarjana UNESA: University Press.

Katon ,Sri (2016). Penerapan Model Problem Based Instruction (Pbi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 9 Palu Pada Bahasan Keliling Dan Luas Daerah Lingkaran . Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 3, Desember 2016

Muttaqien ,Muhammad (2017). Penerapan Model Problem Based Instructrion Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Pemanasan Global . Jurnal Pendidikan Biologi, Tahun 2017

Nur, Mohamad et al. 2001. Teori Belajar. Surabaya: University Press.

Nurman, Muhammad, 2006. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Problem Based Instruction dan Expositori terhadap SIkap Politik Berdemokrasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PPKn di SMA (Tesis). Singaraja. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja, Program Pascasarjana.

Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.

Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru.Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta..

Suharsimi, A. 2003. Dasar-dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulastri (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya . Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1 ISSN 2354-614X

Sumadi Suryabrata. 1998. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Dirjen Dikti Depdiknas.

Suryabrata, Sumadi. 2000. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tri ,Budi (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta . Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 6, No 1, Februari 2016 (111-120)

Wardani, I. G. A. K Siti Julaeha. Modul IDIK 4307. Pemantapan Kemampuan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media: Jakarta.

Yohanes Surya. 2004. Fisika untuk Semua. PT. Bina Sumber Daya MIPA: Jakarta

Yulidatullah (2018). Penggunaan Metode Problem Based Instruction (pbi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Pada Materi Pengukuran Nilai Resistor Kelas X Di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar . Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, Vol.2, No.1, Februari 2018

Downloads

How to Cite

Sudarmini, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Studi Kasus untuk Meningkatan Hasil Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 3(3), 245–252. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17850