Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading And Compotition (CIRC) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Authors

  • I Nyoman Rapi Sma Negeri 1 Ubud

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17970

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ubud di kelas X P MIPA 1 Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 67,2 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 72,35, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 79,85. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

References

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Delviani, Delia. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Berbantuan Media Puzzle Kalimat Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Dalam Menentukan Pikiran Pokok. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1.

Depdiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Pusat Kurikulum Depdiknas.

Depdiknas. 2010. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Depdiknas. 2011. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal.

Eka , Irda (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi . Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 7 No. 3 September 2018

Fefi Yulita. Peningkatan Hasil Belajar MaModel Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) Kelas X P MIPA 1 SMA Melalui Media Bangun Ruang. Dalam blogspot Gufron Aminullah.PTK Bangun Ruang MaModel Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC)a.html.

Gunarti, Winda, dkk. 2010. Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Inten, I Gede. 2004. Pengaruh Model Pembelajaran dan Pengetahuan Awal Siswa Terhadap Prestasi Belajar PKn dan Sejarah pada Siswa Kelas II di SMU Laboratorium IKIP Negeri Singaraja. Tesis. Program Pascasarjana IKIP Negeri Singaraja.

Indah ,Wilis (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Utama Dalam Paragraf Pada Siswa Kelas Iv Sdn Blimbing Dan Kalirong 2 Tahun Ajaran 2016/2017 . Jurnal Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 02 Tahun 2017 ISSN : AAAA-AAAA

Mnirah (2015). SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA: antara keinginan dan realita . Jurnal AULADUNA, VOL. 2 NO. 2 DESEMBER 2015

Nurhayati , Yuyu (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa . Jurnal Analisa 1 (1) (2013) p-ISSN : 2549-5135 e-ISSN : 2549-5143

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas.

Sanan, Sabri Jamilah, dan Yamin, H. Martinis. 2010. Panduan Pendidikan AnakUsia Dini. Jakarta: GP Press

Shabir , M (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas Dan Tanggung Jawab, Hak Dan Kewajiban, Dan Kompetensi Guru) . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015

Solikah ,Siti (2014). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dilengkapi Media Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Minat Siswa Pada Pokokbahasan Minyak Bumi Kelas X.7 Sma Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013 . Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3 No. 3 Tahun 2014

Wardani ,K (2012). Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru Kajian Konseptual Dan Operasional . Jurnal Pendidikan, Volume 13, Nomor 1, Maret 2012

Yudasmini ,M (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Memahami Bacaan Pada Siswa Kelas Vi Di Sekolah Dasar Gugus Buruan . e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Volume 5, No 1 Tahun 2015).

Downloads

How to Cite

Rapi, I. N. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading And Compotition (CIRC) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Journal of Education Action Research, 3(3), 253–260. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17970