Implementasi Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS

Authors

  • I Made Suantara SD Negeri 3 Ubud

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.21796

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Ubud tahun pelajaran 2018/2019 semester II dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III A SD Negeri 3 Ubud melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan media gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III A SD Negeri 3 Ubud yang berjumlah 34 orang dalam mata pelajaran IPS. Data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instrumanya yaitu berupa tes prestasi belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III A SD Negeri 3 Ubud pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Skor rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas prestasi belajar pada awal pembelajaran hanya mencapai 60,00, siklus I meningkat menjadi 69,11 pada siklus II menjadi 78,52. Ketuntasan klaksikal awal hanya mencapai 26,47%, pada siklus I meningkat menjadi 73,52% dan pada siklus II menjadi 94,11%.  

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Media Gambar, Prestasi Belajar.

References

Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill.

Asikin dan Pujiadi. Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 37, NO. 1, Juni 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Cd Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas XSMA Negeri 1 Semarang. FMIPS Unnes.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Buchori, 2012. Artikel Hasil Penelitian. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Software GeogebraTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMA. Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Semarang.

Dewi, E P. 2008. Skripsi.Pengaruh Penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran IPS terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematika Siswa SMA. FPMIPS UPI. Bandung.

Karyanto. 2013. Penggunaan Media Gambar Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDS Baptis Pengharapan Tegalsari Surabaya. E-Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa Volume 1 Nomor 1.

Maulana, Panji. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar . Jurnal Pesona Dasar Vol. 5 No.2, Oktober 2017

Monawati. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Studypada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun . Jurnal Pesona Dasar Universitassyiah Kuala Vol. 3 No.4, Oktober 2016

Rahman, B. 2009.Skripsi.Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Creative Problem Solving (CPS) dengan Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Konvensional. FPMIPS UPI. Bandung.

Purwanti, Sri. 2018. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn . Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol. 15 No. 2 Tahun 2018

Thahir, Andi. 2014. Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang . Jurnal Bimbingan dan Konseling 01 (2) (2014).

Wardana, Ika. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Jurnal Chemica Vo/. 18 Nomor 1 Juni 2017

Downloads

Published

2019-11-06

How to Cite

Suantara, I. M. (2019). Implementasi Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Journal of Education Action Research, 3(4), 331–337. https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.21796