Mengimplementasikan Model Pembelajaran Kuantum Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu

Authors

  • Putri Astiti Rahayu SD Negeri 3 Ketewel

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.21865

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Ketewel di Kelas V yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Agama masih rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas V dengan mengimplementasikan model pembelajaran Kuantum. Penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 69,63 pada siklus I menjadi 74,44 dan pada siklus II menjadi 79,26. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar. 

Kata Kunci: model pembelajaran Kuantum, prestasi belajar

References

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2002. Contextual Teaching And Learning. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2008. Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah. 1994, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hartono, Fondaline Sri. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kuantum Tipe Tandur Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Menulis . Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume I Nomor 3, April 2014

Izzaty, Rita Eka. 2017. Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Volume 44, Nomor 2, 2017

Kirom, Askhabul. 2017. Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural . Jurnal Pendidikan Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan Volume 3, Nomor 1, Desember 2017

Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja.

Susiani, Ketut, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Banyuning. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013)

Syafi’i, Ahmad . 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi . Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018

Udin Saefudin Sa'ud. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yamin, Monawatidan M. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Studypada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun . Jurnal Pesona Dasar Universitassyiah Kuala Vol. 3 No.4, Oktober 2016

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Rahayu, P. A. (2019). Mengimplementasikan Model Pembelajaran Kuantum Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. Journal of Education Action Research, 3(4), 375–381. https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.21865