IMPLEMENTASI MODEL SFAE UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SIMULASI MATEMATIKA PADA MAHASISWA PGSD FIP UNDIKSHA

Authors

  • I Made Suarjana Prodi PGSD FIP Undiksha
  • Ndara T. Renda

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23436

Keywords:

SFAE, komunikasi, matematika, simulasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan komunikasi dan simulasi matematika mahasiswa setelah diterapkan pembelajaran model SFAE pada mata kuliah Pendidikan Matematika di Kelas Tinggi dan (2) Kedala-kendala yang dialami mahasiswa dalam penerapan komunikasi dan simulasi matematika dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa semester IV kelas F PGSD FIP Undiksha. Penelitian ini dilakukan di Prodi PGSD FIP Undiksha. Penerapan pembelajaran berbasis SFAE dilakukan setelah mahasiswa mengikuti tes tengah semester (TTS). Hasil tes sebelum penerapan perangkat pembelajaran berbasis SFAE rata-rata 77.20 Setelah diterapkan perangkat pembelajaran berbasis SFAE maka dilakukan tes akhir semester (TAS) diperoleh hasil rata-rata 88.41. Hasil TTS dan TAS menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum penerapan perangkat berbasis SFAE dengan setelah penerapan perngkat berbasis SFAE. Hasil komunikasi dan simulasi matematika mahasiswa memperoleh rata-rata 79.32.


References

Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Izzati,N & Suryadi,D. (2010). Komunikasi matematik dan pendidikan matematika realistik. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, pada tanggal 27 November 2010, di Yogyakarta.

Jazuli, Akhmad. (2009). Berfikir kreatif dalam kemampuan komunikasi matematika. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional, pada tanggal 5 Desember 2009, di Yogyakarta.

Jihad, Asep & Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta: Multi Presindo.

Kadir. (2008). Kemampuan komunikasi matematik dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran matematika. Makalah disampaikan dalam Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, pada tanggal 28 November 2008, di Yogyakarta.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran: Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Tersedia : http://www.k12academics.com/education-reform. Diakses : 20 September 2011.

Permenristekdikti, Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Permendikbu No. 67 Tahun 2013 tentang Kerangka dasar dan Struktur Kurikulum SD.

Plomp, Tjeerd. 2013. Educational Design Research: an Introduction. In Tjeerd Plomp and Nienke Nieveen (Ed). An Introduction to Educational Design Research(hlm. 10-51) Netherlands: Netzodruk, Enschede an

Riedesel, Schwartz, dan Clements. 1996. Teaching Elementary School Mathematics. USA: Allyn and Bacon

Simon, M.A. 1995. Reconstructing Mathematics Pedagogy from a Construction Perspective. Jounal for Research in Mathematics Education. 26. 114-145

Suharta. 2011. Pemecahan Masalah Matematika Real pada siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus pada Siswa SD No. 5 Penarukan dan SD No. 4 Kampung Baru). Hasil Penelitian tidak Diterbitkan. Singaraja: Undiksha

Tegeh, I Made, Dr, M.Pd, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Undiksha Press.

Downloads

Published

2020-02-24

How to Cite

Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2020). IMPLEMENTASI MODEL SFAE UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SIMULASI MATEMATIKA PADA MAHASISWA PGSD FIP UNDIKSHA. Journal of Education Action Research, 4(1), 25–31. https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23436