PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN VOCABULARY DENGAN MATERI NARRRATIVE TEXT
Abstract
Tujuan melaksanakan penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses pembelajaran dan peningkatan kemampuan kosa kata siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dengan menggunakan media flashcard di Kelas XI RPL2 SMK N I DLANGGU. Metode penilitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap-tahap sebagai berikut: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan(observing) dan refleksi (reflecting) . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) tes, (2) wawancara, (3) observasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah untuk pelaksanaan tindakan pertama pembelajaran belum mencapai hasil yang maksimal,hal ini dapat dilihat masih adanya siswa yang kurang melibatkan diri dalam penggunaan media flashcard dan masih adanya siswa merasa bingung dengan apa yang diintruksikan guru sehingga nilai rata-rata yang didapat siswa pada siklus I adalah 68, dengan ketuntasan belajar sekitar 72%. Dengan melihat Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan di SMKN I DLANGGU yaitu 65, ada 13 0rang yang mencapai kriteria tuntas, artinya hanya 72% sedangkan menurut KTSP suatu pembelajaran dikatakan tuntas apabila nilai ketuntasan yang didapat siswa≥75% dari jumlah siswa. Adapun pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata yang didapat siswa pada siklus II adalah 84, dengan ketuntasan belajar sekitar 100%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2007).Media Pembelajaran.Jakarta:Raja GrafindoPersada
Dananjaya, U. (2010). Media Pembelajaran Aktif.Bandung:Nuansa
Iskandarwassid dan Sunendar, D.(2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Izzan, A. (2008). Metodologi pembelajaran Bahasa Inggris. Bandung: Humaniora.
Izzan, A. (2009). Metodologi pembelajaran Bahasa Arab. Bandung:Humaniora.
Kusumawati, Rita. 2016. Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang Untuk Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Asemjajar-Surabaya . Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.4 No.1, April 2016
Mulyasa.(2008). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:PT Remaja Rosdakarya.
Mukarto.(2007).Grow With English.Jakarta :Erlangga
Maghfiroh, Lailatul. (2013). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar . JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013
Permadi,D.danSuryana,N.(2000). Pendekatan, Metode, Tehnikdan Mode lPembelajaran Bahasa Inggris di SD dan MI. Bandung:Sarana Panca Karya
Purwanto, N. (2006). Evaluasi Pengajaran. Bandung:PT Remaja
Rosdakarya. Sugiono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.
Susilana,R. dan Riyana,C.(2009). Media pembelajaran. Bandung:CVWacana Prima.
Tarigan, H (2018) Menyimak sebagai suatu ketrampilan berbahasa, Bandung : Angkasa.
Tarigan,H (2018), Berbicara sebagai suatau keterampilan berbahasa. Bandung : Angkasa
DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i1.23437
Article Metrics
Abstract view : 503 timesPDF file view : 885 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Educational Action Research is published by:
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com
Phone: 081805611217
Journal of Educatioan Action Research indexed by:

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.