Penggunaan Model Pembelajran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris

Authors

  • Gusti Ngurah Alit Ardana SMP Negeri 1 Gianyar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24783

Keywords:

Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gianyar tahun pelajaran 2018/2019 semester II dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas IX H di SMP Negeri 1 Gianyar melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX H SMP Negeri 1 Gianyar yang berjumlah 39 orang dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instrumanya yaitu berupa tes prestasi belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas IX H SMP Negeri 1 Gianyar pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Skor rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas prestasi belajar pada awal pembelajaran hanya mencapai 67,94, siklus I meningkat menjadi 74,61 pada siklus II menjadi 83,58. Ketuntasan klaksikal awal hanya mencapai 41,02%, pada siklus I meningkat menjadi 61,53% dan pada siklus II menjadi 92,30%.

References

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ekawati, Risma, dkk. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia Volume 1 Nomor 3.

Irawadi, Made Hela. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menulis Karya Ilmiah Di Kelas XII AP I SMK Negeri 1 Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Volume 3 Nomor 1.

Uno, H. Dkk. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-05-10

How to Cite

Ardana, G. N. A. (2020). Penggunaan Model Pembelajran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 4(2), 164–170. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24783

Issue

Section

Artikel