MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING

Authors

  • Dewa Nyoman Alit Biantara SD Negeri 2 Kenderan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.25003

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Solving, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Kenderan di kelas VI yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Matematika masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Problem Solving. Metode pengumpulan  datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Problem Solving. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 68,09 pada siklus I meningkat menjadi 72,61 dan pada  Siklus II meningkat menjadi 80,95. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri 2 Kenderan dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Problem Solving.

References

Arief Furchan. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azwar, Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Badan Standar Nasional Pendidikan.2007.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007.Jakarta: BSNP.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Depdiknas. 2009. Kompetensi Supervisi Akademik. Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka. Cipta.

Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Listiani, Rika, Ara Hidayat, dan Meti Maspupah. 2017. Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia (Penelitian pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Ciparay Kab. Bandung). Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, Februari 2017, Vol. 7, No. 1

Tampubolon, Togi dan Sondang Fitriani Sitindaon. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solvingterhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan. Jurnal INPAFI Volume 1, Nomor 3.

Downloads

Published

2020-05-25

How to Cite

Biantara, D. N. A. (2020). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING. Journal of Education Action Research, 4(2), 171–177. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.25003

Issue

Section

Artikel