PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Ni Nyoman Pusparini SD Negeri 4 Abianbase

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.25018

Keywords:

Group Investigation, Metode Latihan Terbimbing, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Abianbase dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 4 Abianbase melalui penerapan pembelajaran Group Investigation dengan metode latihan terbimbing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Abianbase yang berjumlah 20 orang, dalam mata pelajaran Matematika . Data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instrumanya yaitu berupa tes prestasi belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) penerapan pembelajaran Group Investigation dengan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas V pada semester II SD Negeri 4 Abianbase tahun pelajaran 2017/2018. Skor rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas prestasi belajar pada awal pembelajaran hanya mencapai 60,50 siklus I meningkat menjadi 70,00 pada siklus II menjadi 79,00. Ketuntasan klaksikal awal hanya mencapai 30,00%, pada siklus I meningkat menjadi 75,00% dan pada siklus II menjadi 90,00%.

References

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill

Arikunto, Suharsimi dkk.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia.

Ayuwanti pada tahun 2016 dengan judul Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma'ninah Yasin Metro. Jurnal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang Volume 1 Nomor 2.

Dimyati dan Mudjiyono.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Een, Hardianto, dan Lusi Eka Afri2. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Rambah. https://www.neliti.com/id/publications/109866/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-group-investigation-gi-terhadap-hasil

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

Lestari pada tahun 2017 dengan judul Penerapan Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Siswa Materi Statistika. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Unindra Volume 1 Nomor 2.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nana Sudjana 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Nana Sudjana.2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Putri, P. M. (2018). Strategi Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. JPPM Vol. 11 No.1, 83- 93.

Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta. Hal. 54

Sobarningsih , Nunung dan Tika Karlina Rachmawati. 2018. Pengaruh Model Group Investigation Dan Model Group Investigation Dengan AFL Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Vol. 11 No 2. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3761

Sumadi Suryabrata. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media.

Syaiful Sagala, 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Taher, Achmad , Sugeng Utaya , dan Syamsul Bachri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Geografi. urnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 4 Nomor: 4 Bulan April Tahun 2019 Halaman: 456—461. Tersedia secara online http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ EISSN: 2502-471X

Tohirin.2008. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta:Rineka Cipta.

Widiantara, Sedanayasa, dan Dibia. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Berbantuan Media Realita Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha. Vol. 1 No 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/734/607

Downloads

Published

2020-05-26

How to Cite

Pusparini, N. N. (2020). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Journal of Education Action Research, 4(2), 232–239. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.25018

Issue

Section

Artikel