Penggunaan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris

Authors

  • Ida Bagus Oka SMP Negeri 1 Ubud

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27175

Keywords:

Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), Prestasi Belajar Bahasa Inggris

Abstract

. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas IX G  ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ubud di kelas IX G  yang kemampuan siswanya untuk pelajaran Bahasa Inggris cukup rendah. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 69,16, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,58 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 78,75. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas IX G  SMP Negeri 1 Ubud.

 

References

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Alien, Deborah E. et al- 1996.The Power of SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) in Teaching Introductory Science Courses.Jossey-Boss Publisher.

Amien, Moh. 1996. Perkembangan Intelektual Siswa SMP. Jurnal IlmuPendidikan.Jilid3 No. 4.Jakarta : LPTK dan ISPI.

Ayuwanti, Irma. 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta; Depdiknas.

Depdiknas. 2011. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah. Pertama. Jakarta: Dirjend Dikdasmen.

Hasanah, Mauziah., dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Dan Learning Strategy Terhadap Kesadaran Metakognisi Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan. Jurnal Biologi Edukasi, Volume 5 Nomor 2.

Karmawan, Gede Yogi. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran SQ3R Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 4 No: 1 Tahun 2016).

Krismanto., dkk. 2015. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Jurna Publikasi Pendidikan, Volume 5 Nomor 3.

Putri, IGA Cahyani Putri., dkk. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2 Nomor 1.

Putri, IGA. Cahyani Ari, dkk. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).

Rusmiati . 2017. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo . UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Volume 1, No. 1, Februari 2017

Syafi’I, Ahmad. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi . Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.

Syamsiah., dkk. 2012. Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone. Jurnal Sainsmat, Volume 1 Nomor 1.

Thahir, Andi. 2014. Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang. Jurnal Bimbingan dan Konseling 01 (2) (2014).

Yuzarion . 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik . Jurnal ILMU PENDIDIKAN, VOLUME 2 NOMOR 1, JUNI 2017.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Oka, I. B. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 4(3), 256–263. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27175