Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan dengan Menerapkan Model Problem Based Learning dengan Media Manipulatif

Norma Dewi Anjani, Joko Sulianto, Mei Fita Asri Untari

Abstract


Penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan pembelajaran menjadi tidak menarik minat belajar siswa dan hasil belajar siswa menjadi rendah, sehingga dibutuhkan model pembelajaran dan media yang dapat menarik minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model PBL dengan media manipulatif terhadap hasil belajar pada Materi Pecahan siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah hasil belajar materi pecahan, dan objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 2 Jono. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis essai. Data yang didapatkan akan dianalisis dengan teknik analisis data statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model PBL dengan media manipulatif terbukti dari hasil evaluasi prasiklus 13,79% meningkat pada siklus I menjadi 62,07%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86,21%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL dengan media manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pecahan siswa kelas V sekolah dasar. Implikasi penelitian ini adalah siswa dilibatkan pada kegiatan belajar, siswa dilatih untuk tetap bekerja sama, siswa dapat memperoleh pemecahan maslah, meningkatkan percaya diri, meningkatkan minat pada diskusi dan motivasi pada proses pembelajaran, memberikan kesempatan untuk berkolaborasi serta multisensori dan menimbulkan variasi dalam belajar.


Keywords


Hasil Belajar Materi Pecahan; Problem Based Learning; Media Manipulatif

Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580

Adawiyah, R. (2018). Implementasi Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Al-Quran dan Hadist Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Penanaman Sikap Peduli Sosial Pada siswa MTs Negeri 1 Sidoarjo. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i1.1604

Alhakiki, A., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Quantum Teaching Kerangka TANDUR Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 534–540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.395

Ariswati, N. P. E. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Nanggulan. Mimbar PGSD, 6(4). https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007

Ariyanti, M. (2017). Perbandingan keefektifan model project-based learning dan problem-based learning ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 1 – 10. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.13469

Defiyanti, & Sumarni, W. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains. Phenomenon, 09(2), 206–218. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.4200

Dewiyanti, N. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Permainan Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13977

Diawati, L. P. (2018). Pengaruh Model Children’s Learning in Scince Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(2), 113–121. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16417

Ernawati, E. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas V SDN Kalianget Timur X. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i2.59

Erwanto. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Keanekaragaman Hayati Melalui Problem Based Learning. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 578–587. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2916

Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591

Febriyanti, C., & Seruni, S. (2015). Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 245–254. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161

Firdaus, H., Sugiyono, & Purnama, S. K. (2018). The Development Model of Badminton Base Technique Training Based of Audio Visual Media for The Beginner Athlete. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 210–214. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10734

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671

Istiandaru, A., Istihapsari, V., Wardono, & Mulyono. (2015). Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Realistik-Saintifik dan Asesmen PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Edumatica, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i01.2670

Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, W. R. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10881

Ladimiyanto, A. (2014). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model TAI dan TPS terhadap Hasil Belajar Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 110–125. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9073

Mariani. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pembagian Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 4 Batu. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 599. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.5306

Novitasari, R. A. (2018). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Taruna Bangsa Melalui Pendekatan Problem Based Learning Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Handayani, 7(2), 82–91. https://doi.org/10.24114/jh.v7i2.7238

Nurhayati, N., & Angraeni, L. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 119–126. https://doi.org/10.21009/1.03201

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Purbarani, D. A., Dantes, N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2689

Rais, A. A., & Suswanto, H. (2017). Perbandingan Implementasi Model Problem Based Learning Dan Direct Instruction Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8). https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9787

Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14. https://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/view/6451

Rustinah. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Team Game Turnament Pada Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2012/2013. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 5(1), 40–51. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4671

Saraswati, N. L., Dibia, I. K., & Sudiana, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Di Gugus I Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.713

Setianingsih, A. I. G. A. A. . (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Children’S Learning in Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 24(1), 203–209. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17452

Sucipto, S. (2017). Pengembangan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Using Pengembangan Strategi Model Metakognitif Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 63–71. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p77.

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019

Suwarni, N. W. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKN. Mimbar Ilmu, 24(3), 330–337.

Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Mneggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 56–62. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=272684&val=5678

Wicaksana, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbantuan Media Audio Visual Dan Motivasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11074

Wintari, N. L. M. D., Wiyasa, I. K. N., & Putra, M. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Assisted Individualization (TAI) Dalam Upaya Meningkatkan Interaksi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Dauh Puri Tahun Pelajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3093

Yuwono, M. R., & Syaifuddin, M. W. (2017). Pengembangan problem based learning dengan assessment for learning berbantuan smartphone dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 184–202. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.116




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i2.33136

Article Metrics

Abstract view : 855 times
PDF file view : 743 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.