Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Q.S. Yunus/10: 40-41 Dan Q.S. Al-Maidah /5: 32 dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas XI

Authors

  • Rukiah Ali SMK Negeri 5 Kota Ternate

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34957

Keywords:

Pendidikan Agama Islan, Model Discovery Learning

Abstract

Rendahnya hasil pembelajaran pendidikan agama islam disebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Sehingga tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui pelaksanaan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XI SMK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: Rancangan, Pelaksanaan Kegiatan dan pengamatan, Observasi, dan Refleksi/Tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tekni observasi, tes dokumentasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dimana pada siklus I nilai rata-rata siswa hanya 79, dan meningkat pada siklus II menjadi 83. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar agama islam siswa kelas IX Sekolah menengah kejuruan.

References

Annisa, & Sholeha, D. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 6. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/ article/view/245.

Arifudin, M., Wilujeng, H., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning Pada Materi Trigonometri Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Sma. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 129. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp129-140.

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17.

Habe, H., & Ahiruddin. (2017). Sistem pendidikan nasional. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Sains, 2(1). https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48.

Husaini, H. (2021). Hakikat Tujuan Pendidikan Agama Islam Dalam Berbagai Perspektif. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, 4(1), 114–126. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/525/420.

Imelda, A. (2018). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128.

Irdam, I., & Irawati, S. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532.

Istikomah, D. D. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Daring Zoom Meet dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Gangguan Pada Organ Peredaran Darah Manusia di kelas 5 tema 4 SDN Pengkol 2 Sragen Tahun Pelajaran 2020/ 2021. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1). https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7337.

Junaedi, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educatio, 6(1), 55–60. https://doi.org/10. 31949/educatio.v6i1.209 P-ISSN.

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1). https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25.

Rismayani, N. L. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jpku.v1i2.405.

Rohman, M., & Hairudin, H. (2018). Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-nilai Sosial-kultural. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 21. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2603.

Rosinah, R. (2020). Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) dengan Media Kartu Pintar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA pada Peserta Didik Kelas IV SDN 211/IX Mendalo Darat. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 10(2), 190. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v10i2.175.

Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01). https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305.

Septiani, A., & Kejora, M. T. B. (2021). Tingkat Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2594–2606. https://doi.org/10.31004 /edukatif.v3i5.914.

Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Of Basic Education, 1(2), 34–46. https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683.

Setyawati, I. (2019). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 12–23. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/ article/view/4437.

Shunhaji, A. (2019). Agama Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–21. https://doi.org/10.36671/andragogi. v1i1.46.

Sudirta, I. W. (2020). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Cerita Novel Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Journal of Education Action Research, 5(2), 179–186. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30194.

Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 5(1), 17–30. https://doi.org/10.29100/jr.v5i1.1021.

Tambak, S. (2017). Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Hikmah, 14(1). https://doi.org/10.25299/ al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1526.

Utomo, K. B. (2018). Strategi Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Mi. Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 145–156. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/331.

Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S. (2018). Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36667/jppi.v6i2.297.

Downloads

Published

2021-06-02

How to Cite

Ali, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Q.S. Yunus/10: 40-41 Dan Q.S. Al-Maidah /5: 32 dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas XI. Journal of Education Action Research, 5(3), 387–391. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34957