Meningkatkan Keterampilan Menulis Naratif: Respon Siswa terhadap Model Pembelajaran SQ3R Berbasis Manajemen Kelas

Authors

  • Sefrian Rullis Mangen Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Herry Sanoto Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v9i1.91687

Keywords:

Model Pembelajaran SQ3R, Keterampilan Menulis, Pembelajaran Berbasis Manajemen, Bahasa Indonesia

Abstract

Kurangnya strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks naratif di sekolah dasar menjadi tantangan bagi guru, terutama dalam mengembangkan ide, alur cerita, dan koherensi tulisan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran SQ3R berbasis manajemen kelas dalam meningkatkan keterampilan menulis teks naratif di tingkat sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan observasi. Subjek penelitian yaitu peserta didik Sekolah Dasar sebanyak 40 orang. Respon siswa diukur berdasarkan angket yang berisi item-item mengenai pemahaman dan motivasi mereka terhadap pembelajaran menulis teks naratif dan dihitung dengan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran ini, dengan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman mereka terhadap struktur teks naratif dan kemampuan mereka dalam menyusun teks naratif yang terorganisir dengan baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran SQ3R berbasis manajemen kelas efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks naratif siswa, serta dapat memperkuat motivasi dan partisipasi aktif mereka dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model SQ3R berbasis manajemen kelas dapat dijadikan strategi efektif bagi guru dalam meningkatkan keterampilan menulis teks naratif siswa sekolah dasar, dengan menciptakan lingkungan belajar yang lebih terstruktur, interaktif, dan mendukung keterlibatan aktif siswa.

References

A.A.G. Ekayana, I.D.M.K. Muku, & I.N.B. Hartawan. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Mata Kuliah Sensor Tranduser Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 106–119. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.636.

Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19.

Aisah, R. P., Unaenah, E., & Nurfadhillah, S. (2024). Pengaruh Model SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Cerpen Siswa Sekolah Dasar. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(September), 103–112. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i2.33.

Alwis, D. A. Y., Turrohma, M., & Fadriati, F. (2024). Hakikat Belajar dan Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3707–3715. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1403.

Anwar, S., & Jasiah. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Educaplay Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran SKI. Jurnal Inovasi Media Pemelajaran, 02(02), 1–23.

Armini, N. K. (2024). Evaluasi Metode Penilaian Perkembangan Siswa dan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 98–112. https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.2990.

Dainur, N. M., Taiyeb, M., & Pallennari, M. (2020). Analisis Kebiasaan Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinambung. Biology Teaching and Learning, 2(2), 134–141. https://doi.org/10.35580/btl.v2i2.12015.

Dedy Kasingku, J., & Lotulung, M. S. D. (2024). Disiplin Sebagai Kunci Sukses Meraih Prestasi Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9, 4785–4797. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14536.

Fauzi, M. (2020). Strategi pembelajaran masa pandemi covid-19 stit al-ibrohimy bangkalan. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 2(2), 120–145. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/104.

Feby Inggriyani, N. F. (2017). Literasi Bahasa dalam Menulis Narasi di Sekolah Dasar. Literasi Bahasa Dalam Menulis …, 9–25. http://repository.unpas.ac.id/57990/1/Buku Literasi Bahasa dalam Menulis Narasi di Sekolah Dasar.pdf.

Frans, S. A., Ani, Y., & Wijaya, Y. A. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar [Reading Comprehension Skills of Elementary School Students]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 5(1), 54. https://doi.org/10.19166/dil.v5i1.6567.

Ginting, M. A. B. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Pancasila dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 2(November), 45–51.

Haris, A., & Humaidi, M. N. (n.d.). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Daerah Terluar.

Hidayat Ara. (2012). Konsep Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM). Jurnal An-Nur: Jurnal Studi Islam, 4(1), 41. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/36948830/CONTOH_JURNAL_1.pdf?1426158416=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DPENERAPAN_MODEL_PBL_PROBLEM_BASED_LEARNI.pdf&Expires=1594969033&Signature=I3cBYOfYxUDyixW4~Es9CNfBOkqVyP8Sv5Ki3dBzL94zmi52x7TL.

Hidayaturrohmah, N., Pancawati, N., Nugrahani, F., & Veronika, U. P. (2024). Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Keterampilan Membaca Peserta Didik di Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan, 33(1), 485–496. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4943.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48.

Kinaya, A., Ari Suriani, & Sahrun Nisa. (2024). Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(2), 88–94. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i2.281.

Leisubun, Fransisca, Sa’adah, S., & Hadiansah., H. (2022). Respon Siswa Terhadap Model Pembelajaran SQ3R Berbantu Wordwall pada Materi Ekosistem. In Pena Masum Sujai Inspire Conference, 32(2), 173–179.

Luthfiyana, N. H. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Flashcard Pada Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas I MI NU Unggulan Paramadina Welahan Jepara. Molucca Medica, 11(April), 13–45. http://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/moluccamed.

Maskur, M. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 190–203. https://doi.org/https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172

Meidawati, S. A. N. B. R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117.

Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa. 1–34.

Nasution, U., & Casmini, C. (2020). Integrasi Pemikiran Imam Al-Ghazali & Ivan Pavlov Dalam Membentuk Prilaku Peserta Didik. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 103–113. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3651.

Ngen, S. R., & Sanoto, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R Berbasis Manajemen Kelas Terhadap Kemampuan Membaca Cerita Pendek Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 1101–1107. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7561.

Nurhayati, & Nasution, J. S. (2022). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas Viii Smpit Fajar Ilahi Batam. Jurnal AS-SAID, 2(1), 100–115.

Pramayshela, A., & Hasibuan, A. T. (2024). Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Dalam Pembelajaran PKN Kelas 6b Di SDS Attaufiq Medan. Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 112–122.

Prayogi, S. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran PAI Menggunakan Metode Diskusi. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(1), 102–107.

Putri, D. A., & Sya, M. F. (2022). Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris Di Tingkat Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1, 223–248. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7820.

Putri, F. N. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 16. https://doi.org/10.30659/j.8.1.16-24.

Rahmawati, D., & Suciati, S. (2023). Pengaruh Achievement Motivation, Locus of Control, dan Study Habits terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(3), 273–292. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.3.2023.3080.

Ramadania, Fajarika, & Aswadi, D. (2020). Blended learning dalam merdeka belajar teks eksposisi. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 10–21.

Ramadi, & Meidy Ayu Vidya. (2021). Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif dalam Menemukan Kalimat Utama Pada Tiap Paragraf Menggunakan Kolaborasi Model Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dengan Pair Checks serta Dikombinasi dengan Scramble Siswa Kelas 4 SDN Liang Anggang Kab. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 7(No. 2), 49–58.

Rosita, I., Karma, I. N., & Husniati. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SekolahDasar Negeri 3 Ketapang Raya. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 51–59. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1886.

Sari, D. M., Prasetyawati, R. D., Miyono, N., & Riskiyati, N. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 2760–2768. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13101.

Sari, U. P., Lestari, A. F., Apriani, D., & Agusmawati, G. Y. (2023). Strategi Guru Pai Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Dalam Implementasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 15(1), 197–210. https://doi.org/https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.710.

Serunai, J., Pendidikan, I., Telaumbanua, M. J., Laoli, E. S., Telaumbanua, W. A., Studi, P., Ekonomi, P., & Nias, U. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Kewirausahaan Kelas XI SMK Negeri 1 Gunungsitoli Barat. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2).

Simorangkir, M. R. R. (2016). Pendidikan Dalam Perspektif Gender Dan Hak Asasi Manusia.

Suci Rahmadia, Nurhayati, Susika, S. F., Haliza, T., Marselina, A., & Yulianti. (2022). Pengaruh Dukugan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa Serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9768.

Suryana, A., & Nurhumairoh, S. (2022). Pembelajaran Kooperative Learning Tari Bambu pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Basic Educational Studies, 2(1), 85–97. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/edui.v3i1.1407.

Tichlova, M., Irhamni, & Nasih, A. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Bahasa Arab pada Siswa MA dengan Metode SQ3R. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(1), 76–89. https://doi.org/10.17977/um064v1i12021p76-89.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf.

Yulia, D. S. F., Wahjoedi, W., & Sapto, A. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 808. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12537.

Zulfriman, Rony, Kustanti, M., Amelia, R., & Gusmirawati, G. (2024). Implementasi metode outdoor learning dalam membentuk lingkungan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. AMI: Jurnal Pendidikan Dan Riset 2, 2(2), 70–76.

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Sefrian Rullis Mangen, & Herry Sanoto. (2025). Meningkatkan Keterampilan Menulis Naratif: Respon Siswa terhadap Model Pembelajaran SQ3R Berbasis Manajemen Kelas. Journal of Education Action Research, 9(1), 24–33. https://doi.org/10.23887/jear.v9i1.91687

Issue

Section

Artikel