Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Anekdot melalui Penerapan Strategi Genius Learning

Authors

  • Sopandi Sopandi SMK Negeri 1 Talaga, Kabupaten Majalengka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28508

Keywords:

Pembelajaran Teks Anekdot, Strategi Genius Learning, Bahasa Indonesia

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan salah satu peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan. Upaya peningkatan mutu pendidikan adalah bagian terpadu dari upaya peningkatan kualitas manusia, baik aspek kemampuan, kepribadian maupun tanggung jawab sebagai warga negara. Proses pendidikan saat ini diibaratkan terlalu mementingkan aspek kognitif dan mengabaikan kreativitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan keterampilan menulis anekdot melalui penerapan strategi Genius Learning siswa kelas X Kendaraan Ringan 1 SMK Negeri 1 Talaga Kabupaten Majalengka. Subjek yang menerima tindakan adalah siswa kelas X Jurusan Kendaraan Ringan 3 yang berjumlah 32 siswa. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mengampu adalah Sopandi, S.Pd. M.Si. Sekolah ini dipilih dengan beberapa pertimbangan, antara lain dalam keterampilan menulis siswanya masih tergolong rendah. Berdasarkan rumusan masalah dan hasil penelitian serta pembahasan dalam penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa sebelum dilakukan tindakan, pengetahuan, dan kemampuan menulis anekdot masih rendah. Kegiatan praktik menulis anekdot belum pernah dilaksanakan karena kurikulum sebelumnya tidak ada materi mengenai anekdot. Kualitas pembelajaran menulis anekdot meningkat dengan menggunakan strategi genius learning. Adanya peningkatan dan perubahan positif pada aspek situasi belajar, perhatian, keaktifan, serta proses belajar mengajar menjadikan pembelajaran menulis anekdot lebih menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan.

References

Alwasilah, A. Chaedar dan Senny Suzanna Alwasilah. 2008. Pokoknya Menulis. Bandung:Kiblat

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Asmani, Jamal Ma‘mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. DIVA Press: Yogyakarta

Gunawan, Adi.W. 2013. Genius Learning Strategy. Jakarta : PT Gramedia.

Juliani, R., & Meliana, F. (2014). Pengaruh Strategi Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fisika Topik Listrik Dinamis Kelas Ix Smp Swasta Raksana Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22611/jpf.v3i1.3274

Nuraini, Fatimah. 2013. Teks Anekdot Sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Bahasa dan Karakter Siswa. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://hdl.handle.net/11617/3335

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BPFE.

Pardjono dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Rose dan Nicholl. 2012. Accelerated Learning for The Century 21th Century cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung : Nuansa.

Samawati, S. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Genius Learning dalam Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jupiis.v6i1.1476

Siswanti, Reni. 2011. ―Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Media Kartun Benny & Mice pada Siswa Kelas XB SMAN 1 Piyungan Bantul‖. Skripsi S1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNY. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1295

Sudjana, Nana. 2000. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sutama. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Penerbit Setiaji

Tabroni, Roni. 2007. Melejit Potensi Mengasah Kreativitas Menulis Artikel. Bandung: Nuansa

Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wachidah, Siti. 2004. Pembelajaran Teks Anekdot. Jakarta: Departemen Penddidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjut Pertama.

Wibowo, Basuki, Dr. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departement Pendidikan Nasional.

Wijana, I dewa Putu. 1995. Pemanfaatan Teks Humor dalam Pegajaran Aspek-Aspek Kebahasaan. II/1995. Halaman 23-30. https://doi.org/10.22146/jh.1973

Yunita, Erna. 2013. ―Pengaruh Genius Learning dengan Media Flash Card terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014‖. Skripsi S1. Semarang: IKIP PGRI Semarang

Yusuf, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi dengan Strategi Genius Learning pada Siswa MI Darut Taqwa Pasuruan. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jph.v1i1.3765

Downloads

Published

2020-10-03

How to Cite

Sopandi, S. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Anekdot melalui Penerapan Strategi Genius Learning. Journal of Education Action Research, 4(4), 422–433. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28508