Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Kelas

Authors

  • Wagiyem Wagiyem SMP Negeri 6 Batam

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28646

Keywords:

Kemampuan, supervisi, kelas

Abstract

Tujuan penulisan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk menganliasis efektifitas supervisi kelas untuk meningkatkan kemapuan guru dalam prose pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK. Subjek penelitia ini sebanyak 27 orang guru. Metode pengumpulan datanya adalah studi dokumen, dan observasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif dan untuk data kuantitatif dengan menggunakan intrumen supervisi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa supervisi kelas dapat meningkatkan kemampuan atau kompetensi profesional guru dalam pembelajaran bagi guru-guru di SMP Negeri 6 Batam. Ini terbukti dari proses dan hasil yang diperoleh pada Siklus I meningkat rata-ratanya menjadi lebih baik yaitu 81,48 % Demikian juga pada Siklus II naik rata-ratanya menjadi lebih tinggi lagi yaitu 85,19 %. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah gabungan supervisi kelas dan Penyusunan Penelitian Tindakan Sekolah dapat meningkatkan kemampuan atau kompetensi profesional guru dalam pembelajaran.

References

Adha, Maulana Amirul. (2019). Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan vol. 3, no. 2, November 2019. http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1102

Aini, Baiq. (2017). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Melalui Supervisi Akademik Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Di SD Negeri 5 Mataram. Jurnal Pendidikan Mandala Volume 2 Nomor 2. http://dx.doi.org/10.36312/jupe.v2i2.203

Djihadah, Nuryati. (2020). Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Aplikasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 5, Nomor 1, Mei 2020. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-01

Firmansyah, Dani. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3 Nomor 1, Maret 2015. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199

Hadi, S. (2019). Supervisi Akademik Kunjungan Kelas Oleh Kepala Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Guru ( Studi Kasus Di SMP NW Jerua ). Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 114–135. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.371

Husen Windayana. (n.d.). Penelitian Tindakan Sekolah. Eduhumaniora, 4(1), 79–91. https://doi.org/10.11151/eds1951.5.79

Merukh, N., & Sulasmono, B. S. (2016). Pengembangan Model Supervisi Akademik Teknik Mentoring Bagi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 30. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p30-48

Mujiyana. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Supervisi Akademik Teknik Individual Kunjungan Kelas di MIN 1Gunungkidul TahunAjaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 4, Nomor 1.

Muspawi, M. (2017). Implementasi Supervisi Akademik pada MAN Insan Cendekia Provinsi Jambi. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 49–56. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3181

Nugraha, M. S. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Nadwa, 9(1). https://doi.org/10.21580/nw.2015.9.1.520

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Pohan, N. (2017). Peran Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Guru: Penelitian Tindakan Sekolah. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 132–139. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/9527

Prayitno, P. J. (2019). Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMA. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 46. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.33209

Sholichah, Aas Siti. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 07/No.1, April 2018. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Suryana, Yudho Ramafrizal. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, ISSN Online: 2549-2284 Volume II Nomor 2, Juli 2018. http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049

Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016. DOI : 10.24269/dpp.v4i1.56

Widodo, Heri. (2016). Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea). Jurnal Cendekia Vol. 13 No. 2, Juli - Desember 2015. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250

Downloads

Published

2020-10-03

How to Cite

Wagiyem, W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Kelas. Journal of Education Action Research, 4(4), 493–500. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28646

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.