Penerapan Metode Belajar Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Pokok Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara

Authors

  • Enderina Wairata

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.35132

Keywords:

Inkuiri, Hasil Belajar PKn

Abstract

Kurangnya penggunaan model pembelajaran yang sesuai pada mata pelajaran PKn berakibat pada belum tercapainya nilai ketuntasan minimal siswa. Sehingga tujuan utama dalam penelitian ini yaitu: untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN bagi siswa kelas X. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 18 orang siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah selama proses pembelajaran dan dilakukannya refleksi ternyata adanya peningkatan hasil belajar mata pelajaran PKN bagi siswa kelas X. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: observasi, tes dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata rata siswa dari tahap prasiklus sampai pada tahap siklus II. Pada tahap prasiklus persentase ketuntasan siswa hanya sebesar 33%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72%, dan meningkatkan kembali pada siklus II hingga mencapai 100%. Hasil peningkatan persentases ketuntasan ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran PKn dengan materi pokok Nilai-nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.

 

References

Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 103–109. https://doi.org/10.33751/ jppguseda.v4i2.3610.

Agung, G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Ananda, A. P., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia Dari Masa Ke Masa. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31540/sindang.v3i2.1192.

Iryanti, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Club Peserta Didik Kelas IV A SD Negeri 64/IV Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 264–273. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.644.

Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan KPS dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 150–160. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14871.

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111.

Komariyah. (2021). Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(1), 58–64. https://doi.org/https://doi.org/10.47387/jira.v2i1.73.

Kusdiastuti, M., Harjono, A., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(3), 116–122. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v2i3.298.

Lesmana, D. (2018). Kandungan Nilai Dalam Tujuan Pendidikan Nasional (Core Ethical Values). Jurnal Komuikasi, 17(1). https://doi.org/10.15408/kordinat. v17i1.8103.

Luistari, D., & Adisel. (2021). Peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter peserta didik agar menciptakan siswa yang berkualitas. Journal Scientific of Mandalika, 2(8), 429–437.

Mustaricha, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Matapelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 368–373. http://dx.doi.org/ 10.17977/um019v4i2p375-380.

Naiborhu, M. (2018). Pengaruh Yang Signifikan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Video Terhadap Hasil Belajar Pkn Di Kelas X Smk Farmasi Ypfsu Medan T.A. 2017/2018. Jurnal Civic Education, 1(1), 24–30. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/152/172.

Nasution, N. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Hasil Belajar Siswa Kelas V Semester Ganjil Di SD Negeri 97 Pekanbarutahun AjaraN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 526–535. https://www.jptam.org/index.php/ jptam/article/view/242/228.

Nirmayani, L. H. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar Melalui Model Pengajaran Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 207–215. http://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/article /view/925.

Nurnazhiifa, K., & Dewi, D. A. (2021). PPKN Sebagai Tonggak Rasa Patriotisme Dan Nasionalisme Berkaitan Dengan Identitas Nasional. Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 67–79. https://doi.org/https://www.jptam.org/index .php/jptam/article/view/242/228.

Praptiningsih. (2020). Peran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pengembangan Nilai Moral Pancasila Siswa SMK PGRI III Salatiga. Jurnalwawasan Pengembangan Pendidikan, 8(2). http://ejournal.undaris .ac.id/index.php/waspada/article/view/170/127.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Simangunsong, M. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Melalui Metode Inquiri Di Kelas III SD Negeri 168060 Kota Tebing Tinggi. School Education Journal, 8(4), 414–420. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i4.11639.

Sitorus, R. P. S., Situmorang, R., & Asiah, H. I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pokok Momentum Dan Impuls Di KelaS X Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P 2017/2018. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 7(4), 42–49. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/inpafi. v7i4.17076.

Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 5(1), 17–30. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jr.v5i1.1021.

Sulianti, A., & Murdiono, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 165–175. https://doi.org/https://doi.org/ 10.21831/hsjpi.v4i2.10020.

Uliyandari, M., & Lubis, E. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Media Alat Peraga (Gunung Berapi) Pada Mata Pelajaran IPA SDN 013 Bengkulu Utara. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 74–78. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.74-78.

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15. https://doi.org/10 .23887/jet.v3i1.17959.

Winataputra, U. S. (2016). Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dan Muatan/Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 15–36. https://doi.org/https://doi.org/10.21067 /jmk.v1i1.1184.

Yuristia, A. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/ article/view/5714.

Zani, R., Safitri, R., & Adlim. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 56–63. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.11622.

Downloads

Published

2021-06-20

How to Cite

Wairata, E. (2021). Penerapan Metode Belajar Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Pokok Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara. Journal of Education Action Research, 5(3), 392–397. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.35132