PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA

Authors

  • Ni Putu Dessy Wiranti Undiksha
  • Ni Wayan Suniasih Undiksha
  • I Wayan Darsana undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12506

Keywords:

student facilitator and explaining, peta konsep, kompetensi pengetahuan IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan peta konsep terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan Kelompok Non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 478 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 66 siswa yang ditentukan menggunakan teknik sampel kelompok. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus separated varians. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh harga thitung = 3,25 > ttabel = 2,00  dengan taraf signifikan 5% dan dk = 64, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada kelas IV SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun pelajaran 2016/2017. Nilai rata-rata juga menunjukkan bahwa kompetensi pengetahuan IPA yang diperoleh siswa kelompok eskperimen = 0,56 > = 0,43 siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan peta konsep berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun pelajaran 2016/2017.

References

Agung, A. A. Gede. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.

Aqib, Zainal. 2015. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dantes, Nyoman. 2014. Analisis dan Design Eksperimen. Singaraja: Program Pasca Sarjana Undiksha.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Gava Media.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplentasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Nurgiantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Rianti, dkk. 2017. “Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Volume 3, Nomor 1 (Hlm. 64). Tersedia pada https://jurnal.untirta.ac.id (diakses tanggal 12 Juni 2017)

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Suardi. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Downloads

Published

2017-11-09

How to Cite

Dessy Wiranti, N. P., Suniasih, N. W., & Darsana, I. W. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA. Journal of Education Technology, 1(3), 204–210. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12506

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)