PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH MULTIMEDIA I (DESIGN GRAFIS) DI POLITEKNIK GANESHA GURU

Kadek Agus Hendra Pujawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan blueprint multimedia interaktif berbasis video tutorial pada mata kuliah Multimedia I (design grafis). (2) Mengetahui tingkat kelayakan multimedia interaktif berbasis video tutorial pada mata kuliah Multimedia I (design grafis). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan, dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini melibatkan mahasiswa semester I Politeknik Ganesha Guru pada Program studi Manajemen Informatika. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari aspek kelayakan isi yang dilakukan oleh ahli isi menunjukan bahwa produk sudah sesuai dengan SAP mata kuliah Multimedia I (design grafis). Pengujian pada aspek tampilan, grafis, pengoperasian program dan tata bahasa yang dilakukan oleh ahli media memperoleh hasil kalkulasi sebesar 83% berada pada kualifikasi baik. Pengujian pada aspek pembelajaran, kurikulum dan desain interface yang dilakukan oleh ahli desain pembelajaran memperoleh hasil kalkulasi sebesar 86% berada pada kualifikasi baik. User/dosen pengajar memberikan respon baik. Uji coba perseorangan yang dilakukan mendapat respon baik. Uji coba kelompok kecil memperoleh hasil kalkulasi sebesar 90% berada pada kualifikasi sangat baik. Uji coba lapangan yang dilakukan memperoleh hasil kalkulasi sebesar 90% berada pada kualifikasi sangat baik.


Keywords


Multimedia Interaktif; Video tutorial; Dick and Carey

Full Text:

PDF

References


Aloraini, S. I. (2005). Distance learning. Alretha Press: Kingdom of Saudi Arabia

Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2).

Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Saliman, Sudharsono. 1993. Kamus Pendidikan Pengajaran dan Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Vaughan, T. (2011). Multimedia: Making it Work (8nd ed.). USA: McGraw-Hill




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810

Article Metrics

Abstract view : 1960 times
PDF file view : 1308 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL OF EDUCATION TECHNOLOGY IS PUBLISHED BY:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928
e-mail: jet@undiksha.ac.id 
Homepage: https://undiksha.ac.id


Currently, Journal of Education Technology indexed by:

 JET SINTA 4  

 

Creative Commons License

Journal of Education Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.