PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21704Keywords:
model Reciprocal Teaching, keterampilan menulis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Gianyar tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Kelompok Non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Gianyar yang berjumlah 480 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 82 siswa terdiri dari 45 siswa kelompok eksperimen dan 37 siswa kelompok kontrol yang ditentukan dengan menggunakan teknik sampel kelompok. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dalam bentuk tes keterampilan menulis. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata gain skor ternormalisasi keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa pada kelompok eskperimen lebih dari rata-rata gain skor ternormalisasi pada kelompok kontrol, yaitu =0,433 > =0,284. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t dengan rumus polled varians diperoleh harga thitung = 4,139 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 80. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Gianyar tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk penelitian selanjutnya mengkaji lebih luas mengenai keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa dan memperdalam teori mengenai model Reciprocal Teaching.
References
Agung, A. A. G. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang : Aditya Media Publishing.
Ariyasa, I Gd. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tulamben. Jurnal Mimbar PGSD. Universitas Pendidikan Ganesha. (Vol:2, No:1) Tersedia padapasca.undiksha.ac.id. (Diakses tanggal 8 Januari 2018).
Darmadiyasa, Jero Budi. 2016. “Perubahan Kurikulum Dari Masa Ke Masa”. Tersedia pada www.jeromath.com.(Diakses pada tanggal 23 Januari 2018).
Darmawan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Learning Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 16 Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. STKIP Singkawang. (Vol:2, No:1). Tersedia pada journal.stkipsingkawang.ac.id. (Diakses tanggal 8 Januari 2018)
Fakhrur, M Saifudin. 2015. “Permartabatan Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UAD. Tersedia pada http://eprints.uad.ac.id/4148/1/M.Fakhrur_PGSD_UAD_Pemartabatan.pdf (diakses tanggal 1 Mei 2018)
Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, M. R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Setyosari, H.Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.
Undang-Undang Republik Indonesia no.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.2003. Jakarta: Kemendikbud
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)