Analisis Peran Tutor Sebaya Terhadap Sikap Sosial Siswa Tuna Rungu

Putu Angelia Widyastuti, I Wayan Widiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan peran tutor sebaya terhadap sikap sosial siswa tuna rungu dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam meningkatkan sikap sosial siswa tuna rungu dan memberikan solusi untuk mengatasi sikap sosial siswa di SD Negeri 2 Bengkala tahun pelajaran 2018/2019. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pelaksanaan penelitian. Partisipan dalam penelitian ini dipilih secara purposive. Partisipan yang dijadikan fokus peneliti sebanyak dua siswa, yang merupakan siswa perempuan.. Kedua partisipan mengalami kesulitan pendengaran semenjak lahir, dengan tingkat kehilangan pendengaran pada 91 dB ke atas atau pada kategori profound, mereka tidak mampu berkomunikasi menggunakan bahasa verbal meskipun menggunakan alat bantu dengar Moores. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutor sebaya memiliki peran yang sangat penting terhadap sikap sosial siswa tuna rungu di SD Negeri 2 Bengkala tahun pelajaran 2018/2019 dan terdapat kendala yang dihadapi dalam meningkatkan sikap sosial siswa tuna rungu dan terdapat solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi sikap sosial siswa di SD Negeri 2 Bengkala tahun pelajaran 2018/2019. 


Keywords


Tuna Rungu; Sikap Sosial; Inklusi

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. G. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ahmadi, H.A. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali.

Arifah, Nurul. 2012. Pengaruh Independensi Auditor, Komitmen Organisasi dan Gaya kepemimpinan Terhadap Kinerja Auditor. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanudin

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Elisa, S. and Wrastari, A.T., 2013. Sikap guru terhadap pendidikan inklusi ditinjau dari faktor pembentuk sikap. Jurnal Psikologi Perkembangan dan Pendidikan, 2(01), pp.1-10.

Gusviani, Evi. 2017. “Analisis Kemunculan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Kegiatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD yang Menggunakan KTSP dan Kurikulum 2013”. EDUHUMANIORA, Volume 7, Nomor 2.

Hasan, S.A., Handayani, M.M. and Psych, M., 2014. Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa tunarungu di sekolah inklusi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3(2), pp.128-135.

Indrianie, N.S., 2015. Penerapan model tutor sebaya pada mata pelajaran bahasa inggris reported speech terhadap hasil belajar peserta didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1)Kusuma, Putu Indra. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau Dari Sikap Sosial Siswa Kelas V SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar utara”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran PPs, Volume 14, Nomor 3.

Nurmiati, N. and Mantasiah, R., 2017. Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer-Teaching) Dalam Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1).

PERMENDIKNAS Nomor 70 Tahun 2009. Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.

Ratih, Hermin. 2015. Pengaruh Auditori Verbal Therapy Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosa Kata Pada Anak Yang Mengalami Gangguan Pendengaran. Jurnal Psikologi Indonesia, Volume 4, Nomor 01.

Suranata, Kadek., Dkk. 2017 “Risks and Sources of Resilience of Deaf Students in Inclusive Schools at Bengkala”. Specialusis Ugdymas 2(37):165-214.

Suharman,Edy. 2017. “Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan IPS, Volume 4, Nomor 1.

Ulfah, A.N. and Ariati, J., 2018. Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Motivasi Berprestasi Pada Santri Pesantren Islam Al-Irsyad, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Empati, 6(4), pp.297-301.

Wijayaksono, Ridho. 2016. Pengaruh dukungan Sosial Dalam Membangun Penerimaan Orang Tua Terhadap Anaknya yang Autis. Skripsi. Universitas Negri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i1.24083

Article Metrics

Abstract view : 1252 times
PDF file view : 2125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL OF EDUCATION TECHNOLOGY IS PUBLISHED BY:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928
e-mail: jet@undiksha.ac.id 
Homepage: https://undiksha.ac.id


Currently, Journal of Education Technology indexed by:

 JET SINTA 4  

 

Creative Commons License

Journal of Education Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.