PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU

Authors

  • Abdul Rofiq Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21732

Keywords:

IPS, Multimedia, Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS, (2) untuk mengetahui validitas pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS, (3) untuk mengetahui efektifitas pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementasi, evaluation). Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah (1) deskripsi rancangan pengembangan, validitas hasil pengembangan multimedia dan efektivitas hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS. Rancangan pengembangan media menghasilkan naskah multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPS. (2) Kualitas hasil pengembangan media menurut review ahli dan siswa yaitu: (a) ahli isi pembelajaran 90% berada pada kategori sangat baik; (b) ahli desain pembelajaran 86,67% berada pada kategori baik; (c) ahli media pembelajaran 92% berada pada kategori sangat baik; d) uji coba perorangan 92,67% berada pada kategori sangat baik; (e) uji coba kelompok kecil 93,3% berada pada kategori sangat baik; (f) dan  uji  coba  lapangan  94,2%  yang  berada  pada  kategori  sangat baik. (3) Efektivitas hasil pengembangan media multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS menunjukkan signifikansi yang diperoleh adalah thitung = 12,72 > ttabel = 2,004. Ini berarti Multimedia Pembelajaran Interaktif pada mata pelajaran IPS efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

 


References

Agung, A.A. Gede. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: UNDIKSHA.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Emzir. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Koyan, I W. dan AA. Gede Agung.2012. Evaluasi Program Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Mahadewi, L. P. Putrini, I Dw. Kade Tastra, dan I Km. Sudarma. 2012. Media Multimedia Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Auzan I. Tastra I D K. Suwatra I W. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Pendekatan Ilmiah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Untuk Siswa Kelas Vii Tahun Pelajaran 2016/2017 Di SMP Negeri 2 Singaraja. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha

Tegeh, I M., I Nyoman Jampel, dan Ketut Pudjawan. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu

UU No. 20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2019-11-01

How to Cite

Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. P. (2019). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU. Journal of Education Technology, 3(3), 126–133. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21732

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)