PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK KELAS III SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI MIN SINGARAJA

Authors

  • Fadillah I. I W. Suwatra I K. Sudarma

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1458

Abstract

Masalah yang ditemukan di MIN Singaraja guru kesulitan dalam menyediakan media yangmenyajikan materi tentang pembelajaran tematik yang lengkap. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui rancang bangun pengembangan multimedia presentasi pembelajaran tematik denganmetode pengembangan model Luther yang dimulai tahap concept, tahap design, tahap materialscollecting, tahap assembly, tahap testing, dan tahap distribution serta untuk mengetahui kelayakansuatu produk multimedia presentasi pembelajaran tematik yang digunakan kelas III di MIN Singarajamelalui uji coba. Metode yang digunakan untuk menganalisis kebutuhan berupa metode wawancaradengan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari satuahli isi mata pelajaran, satu ahli desain pembelajaran, satu ahli media pembelajaran, 6 siswa untukuji coba perorangan, dan 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Data dianalisis denganmenggunakan dua teknik yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptifkuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan berupa CD multimedia presentasipembelajaran yang layak pakai pada Mata Pelajaran Tematik kelas III di MIN Singaraja. Hasil uji ahliisi dan ahli media pembelajaran menilai media berada pada kualifikasi sangat baik. Ahli desainpembelajaran menilai media berada pada kualifikasi baik. Hasil uji coba perorangan dan kelompokkecil menunjukkan media berada pada kualifikasi sangat baik.Kata kunci: pengembangan, multimedia presentasi, pembelajaran tematik, model Luther

Downloads

Published

2013-08-27

How to Cite

I K. Sudarma, F. I. I. W. S. (2013). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK KELAS III SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI MIN SINGARAJA. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1458

Issue

Section

Articles