PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BITHOQOH SISWA KELAS X MA MIFTAHUL ULUM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • . Sunaryadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Pudjawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ignatius Wayan Suwatra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20372

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yaitu kurangnya kemampuan siswa
dalam penguasaan Mufradat karena proses pembelajaran yang menoton dengan metode
ceramah sehingga kurang termotivasi mengikuti pelajaran bahasa Arab.Penelitian ini
bertujuan untuk:(1) mengetahui rancang bangun alat permainan edukatif bithoqoh, (2)
mengetahui kualitas hasil pengembangan alat permainan edukatif bithoqoh, (3)
mengetahui efektivitas penggunaan alat permainan edukatif bithoqoh pada mata pelajaran
bahasa Arab kelas X semester ganjil di MA Miftahul Ulum. Jenis penelitian ini adalah
penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE.Pengumpulan data
dilakukan dengan metode pencatatan dokumen, kuesioner dan tes. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pencatatan dokumen, kuesioner, dan
tes objektif tipe pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif , kuantitatif, dan statistik inferensial.Hasil dari penelitian ini adalah:(1) alat
permainan edukatif bithoqoh dikembangkan dengan ADDIE melalui 5 tahapan(analisis,
desain, pengembangan ,implementasi dan evaluasi);(2) kualitas alat permainan edukatif
bithoqoh berdasarkan dari hasil review ahli dikualifikasikan sangat baik. Persentase tingkat
pencapaian dari review ahli isi, desain dan media pembelajaran berturut-turut yaitu 96%,
96% dan 81%. Berdasarkan dari hasil uji coba produk dikualifikasikan sangat baik.
Persentase tingkat pencapaian dari uji coba perorangan, kelompok kecil, dan lapangan
berturut-turut yaitu 93,3%, 94,66% dan 94,14%. (3) efektivitas alat permainan edukatif
bithoqoh menunjukkan rata-rata nilai pre-test 59 dan nilai post-test 85 Setelah dilakukan
perhitungan dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung (4,02) > ttabel (2,000)
sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, alat permainan edukatif bithoqoh
dengan model TGT untuk kelas di MA Miftahul Ulum yang dikembangkan efektif untuk
meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa.

Kata-kata kunci: ADDIE, edukatif bithoqoh, pengembangan, TGT

Downloads

Published

2017-09-30

How to Cite

Sunaryadi, ., Pudjawan, K., & Suwatra, I. W. (2017). PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BITHOQOH SISWA KELAS X MA MIFTAHUL ULUM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Edutech Undiksha, 5(2), 168–178. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20372

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>