PENGEMBANGAN E-KOMIK DENGAN MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TENTANG PERJUANGAN PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA

Authors

  • I Putu Gde Caesar Renddy Wicaksana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Jampel Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas V SD Negeri 5 Kampung baru adalah kurangnya minat belajar siswa pada materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia dengan rata-rata hasil pretest minat belajar siswa 26,17 dari nilai maksimal yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsipkan rancang bangun pengembangan media e-komik, (2) Untuk mendeskripsikan hasil validasi pengembangan media e-komik, (3) Untuk mengetahui efektifitas media e-komik dengan model ADDIE untuk meningkatkan minat belajar siswa tentang perjuangan persiapan kemerdekaan indonesia di kelas V SD Negeri 5 Kampung Baru. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial / induktif uji-t dan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Validitas media telah diuji coba kepada ahli desain pembelajaran, media pembelajaran, uji coba perorangan, kelompok kecil dan uji coba lapangan Untuk hasil validitas pengembangan media e-komik untuk ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan secara berurutan yaitu 95,83%, 92,75%, 95%, 93,05%, dan 91,30%. Hasil uji efektivitas yang dianalisis dengan teknik statistik inferensial (uji-t) mendapatkan hasil rata-rata pretest (26,17) < hasil rata-rata posttest (63,96). Setelah dilakukan perhitungan secara manual dengan menggunakan uji-t didapatkan hasil yang menunjukkan thitung (51,49) > dari ttabel (2,45) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima artinya Terdapat efektivitas dalam pemanfaatan E-komik Model ADDIE Tentang Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia kelas V di SD Negeri 5 Kampung Baru tahun ajaran 2018/2019.

Kata-kata kunci: pengembangan, e-komik, minat belajar

 

 

The aim of this result is about the problem in V class at SD Negeri 5 Kampung Baru is the lack of interest in learning of preparation for Indonesian independence with the result in pretest with average 26,17 from the maximal is 70. The aim of this result is (1) to describe the development of e-comic design, (2) to describe the validation result about the development of media e-comic design, (3) to know about the effectiveness of media e-comic with ADDIE model to increase the lack of learning about fighter of freedom in Indonesian in V class SD Negeri 5 Kampung baru. The analysis data using descriptive quantitative, qualitative and statistic inferensial/ inductive t-test and the development design using ADDIE design. The validation media already trying for the expert of the learning design, learning design, individual trials, small group and field trials for the validity result of the development of the e-comic design for the expert learning design, the expert learning design, individual trials, small group trial and field trials with the sequence is 95,83%, 92,75%, 95%, 93,05% and 91,30%. The result of the effectivity with the analysis in statistic technique inferential (ttest) is (26,17)< the average posttest result (63,96). After manual counting with t-test the result is (51,49)>from ttable (2,45) so that HO rejected and H1 accepted means there is activities in utilization E-comic models ADDIE about the preparation indonesian independent V class at SD Negeri 5 Kampung baru 2018/2019

Keywords: development, e-comic, interest to learn

Author Biography

I Putu Gde Caesar Renddy Wicaksana, Universitas Pendidikan Ganesha

Universitas Pendidikan Ganesha

Downloads

Published

2020-11-28

How to Cite

Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). PENGEMBANGAN E-KOMIK DENGAN MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TENTANG PERJUANGAN PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48–59. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>