Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Cerita Bergambar

Siti Qomariyah

Abstract


Rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kendala yang dihadapi oleh guru. Akibatnya banyak siswa yang minat dalam belajar masih kurang dan kewalahan dalam menghadapi kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media cerita bergambar terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Populasi penelitian ini berjumlah 126 orang siswa di kelas IV. Teknik pengumpulan data yaitu tes esai dalam mengukur hasil belajar Bahasa Indonesia dan non tes berupa angket untuk mengukur motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match berbantuan media cerita bergambar terhadap motivasi belajar (F=761,807, dengan Sig. <0,05). Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match berbantuan media cerita bergambar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia (F=220,418, dengan Sig. <0,05). Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media cerita bergambar terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Bahasa Indonesia (F=446,095, dengan Sig. <0,05). Jadi, dengan adanya model pembelajaran make a match berbantuan media cerita bergambar mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia siswa. Penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan media cerita bergambar dapat mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran dikarenakan pembelajaran akan berpusat pada siswa serta sebagai bahan untuk memilih model pembelajaran agar lebih bervariasi dengan tetap menyesuaikan dengan karakteristik siswa.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25195

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF file view : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

                 

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Berasosiasi dengan:

 

ASOSIASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by: