Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook

Authors

  • Komang Sukma Pertiwi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335

Abstract

Kemampuan empati merupakan kemampuan yang dimiliki setiap individu untuk ikut merasakan yang orang lain rasakan atau mampu memposisikan diri seperti yang sedang orang lain alami. Mengingat kemampuan empati yang diperlihatkan masih tergolong belum berkembang secara maksimal, akan tetapi guru belum memberikan stimulus melalui media pembelajaran yang efektif. Maka dari itu pelaksanaan dalam penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita menggunakan media e-bigbook terhadap kemampuan empati anak kelompok B. Dalam penelitian ini kemampuan empati menjadi bahan yang akan diteliti lebih dalam. Eksperimen semu merupakan jenis dalam penelitian ini dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 60 anak dengan sampel yang ditentukan secara random. Sampel pada penelitian ini terdiri dari kelompok B1 berjumlah 20 anak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B2 berjumlah 20 anak sebagai kelompok kontrol TK Inklusi Garuda Bilingual School. Pada penelitian ini data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis data, thitung = 6,80, taraf signifikansi 5%, dk = 38 diperoleh ttabel = 2,021 sehingga thitung = 6,80 > ttabel 2,021. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, penggunaan metode bercerita menggunakan media e-bigbook berdampak terhadap kemampuan empati anak. Penelitian ini dapat membantu guru sebagai inovasi dalam media pembelajaran.

Author Biography

Komang Sukma Pertiwi, Universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Pertiwi, K. S. (2020). Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335

Issue

Section

Articles