Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Microsoft Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn

Authors

  • Dewa Ayu Ratih Purnama Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Pudjawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.29071

Abstract

Pembelajaran yang terpusat pada guru serta kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran menyebabkan siswa kurang aktif, dan hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran VCT (Value Clarifications Technique) berbantuan media Microsoft power point dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran VCT (Value Clarifications Technique) berbantuan media Microsoft power point pada mata pelajaran PKn di kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 156 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 siswa. Berdasarkan hasil data analisis uji t diperoleh nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) 0.000 < 0.05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) berbantuan media microsoft power point dan yang tidak menggunakan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) berbantuan media microsoft power point siswa kelas IV.

Author Biographies

Dewa Ayu Ratih Purnama Sari, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Made Tegeh, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Teknologi Pendidikan

Ketut Pudjawan, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Teknologi Pendidikan

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Sari, D. A. R. P., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Microsoft Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 183–195. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.29071

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>