https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/issue/feed Jurnal Edutech Undiksha 2022-08-12T10:27:59+00:00 Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana yudasukmanatp13@gmail.com Open Journal Systems <hr style="border: 0.5px solid black;" /> <table class="data" width="100%" bgcolor="#f0f0f0"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Jurnal Edutech Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>JEU</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>J.Edutech undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>Two issues per year </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>prefix 10.23887/jjpgsd</strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="http://u.lipi.go.id/1512527716" target="_blank" rel="noopener">2614-8609</a> </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="http://u.lipi.go.id/1511515126" target="_blank" rel="noopener">2615-2908</a> </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%"><a href="https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57203370875" target="_blank" rel="noopener"><strong>I Gde Wawan Sudatha</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://www.undiksha.ac.id"><strong>Universitas Pendidikan Ganesha</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Organizer</td> <td width="80%"><strong>Fakultas Ilmu Pendidikan - Undiksha</strong></td> </tr> </tbody> </table> <hr style="border: 0.5px solid black;" /> <p><strong>Jurnal Edutech Undiksha </strong>is a scientific journal published by the Education Technology Study Program, <strong>Fakultas Pendidikan</strong>, <strong>Universitas Pendidikan Ganesha</strong>. This journal aims to accommodate articles of research results and results of community service in the field of education and learning technology. In the end, this journal can provide a reference on the development of science and technology in the field of education for the academic community.</p> <p><strong>p-ISSN : <a href="http://u.lipi.go.id/1512527716" target="_blank" rel="noopener">2614-8609</a> (Print) and e-ISSN : <a href="http://u.lipi.go.id/1511515126" target="_blank" rel="noopener">2615-2908</a> (Online)<br /></strong></p> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/48925 Game Based Learning dan Dampaknya terhadap Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar 2022-08-12T10:27:59+00:00 I Wayan Widiana wayan_widiana@yahoo.co.id <p>Kegiatan belajar yang biasanya dilakukan oleh guru masih bersifat monoton dan cenderung hanya menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu, kurangnya media digital menjadi kendala dalam pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis <em>g</em><em>ame </em><em>b</em><em>ased </em><em>l</em><em>earning</em> dan dampaknya terhadap peningkatan minat belajar dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran sains di sekolah dasar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah <em>non equivalent post-test only control group design</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Sukasada yang berjumlah 95 siswa. Sampel diambil dengan teknik <em>random sampling</em> dengan jumlah 50 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dan lembar tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan uji <em>m</em><em>anova</em> <em>(</em><em>m</em><em>ultivariate </em><em>a</em><em>nalysis of </em><em>v</em><em>arians)</em>. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar dan pemahaman konsep siswa antara kelompok siswa yang menerapkan <em>game based learning </em>dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Disimpulkan bahwa penerapan <em>game-based learning </em>dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa.</p> 2022-07-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 I Wayan Widiana https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/47559 E-Scrapbook: Konstruksi Media Pembelajaran Digital Bermuatan Soal-soal Higher Order Thinking Skills 2022-06-02T06:08:40+00:00 I Gede Wahyu Suwela Antara wahyusuwelaa@gmail.com Ketut Suma ketut.suma@undiksha.ac.id Desak Putu Parmiti dp-parmiti@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e<em>-scrapbook</em> bermuatan soal-soal berbasis HOTS pada muatan pelajaran IPA untuk kelas IV sekolah dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (<em>research and development</em>) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner dan tes hasil belajar. Data validitas media bersumber dari 2 orang ahli media pembelajaran, 2 orang ahli asesmen pembelajaran, dan 2 orang ahli konten pembelajaran IPA SD. Data kepraktisan media bersumber dari 2 orang praktisi pembelajaran di sekolah dasar, 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran <em>e-scrapbook</em> bermuatan soal-soal berbasis HOTS pada muatan pelajaran IPA untuk kelas IV sekolah dasar dinyatakan (1) valid dengan: (a) hasil penilaian ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94,44%); (b) hasil penilaian ahli konten pembelajaran IPA SD dengan kualifikasi sangat baik (92,94%); dan (c) hasil penilaian ahli asesmen pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (97,14%). (2) praktis dengan: (a) hasil uji respon praktisi dengan kualifikasi sangat baik (97,33%); (b) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (99,18%); dan (c) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat praktis (98,32%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran <em>e-scrapbook</em> bermuatan soal-soal berbasis HOTS pada muatan pelajaran IPA untuk kelas IV sekolah dasar yang dikembangkan valid dan praktis diterapkan dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa.</p> 2022-06-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 I Gede Wahyu Suwela Antara, Ketut Suma, Desak Putu Parmiti https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/46270 Media Pembelajaran Interaktif Sifat-Sifat Bangun Ruang Berbasis Guided Discovery Materi Kubus dan Balok 2022-04-22T07:59:47+00:00 Ni Putu Devi Wulandari deviwulandari353@gmail.com I Wayan Wiarta wayan.wiarta@undiksha.ac.id <p>Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi, bersifat monoton, dan masih bersifat satu arah pada pembelajaran Matematika. Hal tersebut mengakibatkan sebagian siswa kesulitan memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif sifat-sifat bangun ruang berbasis guided discovery pada materi kubus dan balok mata pelajaran matematika kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, dan 12 siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis <em>guided discovery</em> mengacu pada model pengembangan ADDIE dan (2) media pembelajaran interaktif berbasis <em>guided discovery</em> dinyatakan layak digunakan berdasarkan hasil validasi produk oleh ahli isi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 94,6%, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90%, ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 91,1%, hasil uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 95,4%, dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 97,4%. Perolehan hasil persentase menunjukkan bahwa media yang dikembangkan berkualifikasi sangat baik, sehingga dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD.</p> 2022-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Ni Putu Devi Wulandari, I Wayan Wiarta https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/46709 Video Pembelajaran pada Materi Volume Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar 2022-05-12T22:55:23+00:00 I Gusti Lanang Mahardita lanangmahardita@gmail.com I Gusti Ngurah Japa igustingurah.japa@undiksha.ac.id <p>Guru belum mampu mengembangkan media belajar secara kreatif dan mandiri dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga siswa tidak focus mengikuti pembelajaran, mengobrol saat guru menjelaskan, bahkan bermain saat guru menjelaskan. Selain itu, tidak adanya peran aktif dalam proses konstruksi pengetahuan saat proses pembelajaran matematika, sehingga siswa kesulitan dalam memahami konsep matematika. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan video pembelajaran untuk siswa kelas V sekolah dasar pada materi volume bangun ruang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan. Dalam penelitian pengembangan video ini menggunakan model ADDIE yang meliputi tahapan <em>Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation</em>. Subjek penelitian berjumlah 6 orang ahli. Metode mengumpulkan data yaitu kuesioner. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar kuesioner. Hasil penelitian yaitu hasil analisis data skor yang didapatkan yaitu 4,85. Hal ini berarti bahwa semua aspek video pembelajaran volume bangun ruang yang dinilai memiliki kualifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa video pembelajaran volume bangun ruang dapat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Video pembelajaran volume bangun dapat meningkatkan semangat dan memudahkan siswa dalam belajar matematika.</p> 2022-07-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 I Gusti Lanang Mahardita, I Gusti Ngurah Japa, Kadek Yudiana https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/46558 Media Pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif pada Topik Siklus Air 2022-05-02T12:55:48+00:00 Ni Putu Novita Wirantini wirantinin@gmail.com I Gede Astawan astawan@undiksha.ac.id I Gede Margunayasa igede.margunayasa@undiksha.ac.id <p>Guru cenderung mengabaikan penambahan bantuan media pembelajaran yang menyebabkan siswa kesulitan belajar IPA. Selain itu, penelitian sebelumnya menyatakan bahwa kurangnya media Selain itu, kegiatan pembelajaran online juga hanya dilakukan melalui WA <em>group</em>. Hal ini menyebabkan materi siklus air juga kurang dijelaskan secara merinci. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan multimedia interaktif pada topik siklus air untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian berjumlah 6 orang ang terdiri dari 2 ahli materi dan 2 ahli media pembelajaran serta 2 orang guru IPA. Subjek uji coba yaitu siswa kelas V sekolah dasar berjumlah 20 siswa. Metode mengumpulkan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif digunakan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi pembelajaran dengan skor 3,60 (kategori sangat baik); media pembelajaran dengan skor 3.78 (kategori sangat baik); skor kepraktisan yaitu 3.81 (sangat baik) dan skor siswa yaitu 3,98 (sangat baik). Disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran IPA dengan topik siklus air layak digunakan dalam pembelajaran. Multimedia interaktif dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran IPA.</p> 2022-07-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Ni Putu Novita Wirantini, I Gede Astawan, I Gede Margunayasa https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/47635 Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Linktree Meningkatkan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif pada Materi Macam-Macam Gaya Muatan IPA Kelas IV 2022-06-09T09:03:20+00:00 I Putu Widya Andika widyaandika00@gmail.com Kadek Yudiana kadek.yudiana@undiksha.ac.id <p>Literasi sains merupakan kemampuan dalam menerapkan kemampuan yang dimilikinya untuk mengidentifikasi memberi penjelasan mengonstruksi dan mengambil kesimpulan berdasarkan pengamatan dan bukti ilmiah yang diperoleh dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan sains. Rendahnya minat siswa dalam membaca dan siswa tidak siap dalam belajar juga memengaruhi kemampuan kognitif siswa. Aktivitas pembelajaran yang berlangsung masih kurang inovatif, kurang bervariasi, dan masih belum menekankan literasi sains dan kemampuan metakognitif. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan aktivitas pembelajaran berbantuan media untuk meningkatkan literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi macam-macam gaya muatan IPA kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan model 4D. Subjek uji coba yaitu 4 orang ahli aktivitas pembelajaran. Uji coba prdouk dilakukan oleh siswa yang berjumlah 17. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, studi dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu rating scale. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh butir dalam instrumen validasi isi aktivitas pembelajaran valid. Hasil literasi sains dan kemampuan metakognitif dalam kategori sangat tinggi. Terdapat efektivitas pengembangan aktivitas pembelajaran berbantuan media linktree terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif. Disimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran berbantuan media linktree berdampak positif terhadap pembelajaran.</p> 2022-07-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 I Putu Widya Andika, Kadek Yudiana https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/47637 Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Levidio Presentation Meningkatkan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas V SD 2022-06-04T13:20:00+00:00 Made Bagiada madebagiada1101@gmail.com I Nyoman Laba Jayanta laba.jayanta@undiksha.ac.id <p>Aktivitas pembelajaran yang diciptakan oleh guru kurang efektif dan belum memberikan ruang kepada siswa dalam menumbuhkan literasi sains dan kemampuan metakognitif siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran <em>levidio presentation</em> terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif. Jenis penelitian yaitu pengembangan dengan model 4-D. Subjek uji coba yaitu 4 orang ahli aktivitas pembelajaran. Subjek uji coba berjumlah 22 orang. Metode mengumpulkan data yaitu studi dokumentasi, wawancara, rating scale, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu rata-rata skor validasi isi aktivitas pembelajaran secara keseluruhan adalah 4,42, sehingga keseluruhan valid dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pengujian hipotesis yaitu terdapat perbedaan secara simultan literasi sains dan kemampuan metakognitif siswa yang mengikuti aktivitas pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbantuan media pembelajaran levidio presentation dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Pembelajaran berbantuan media pembelajaran levidio presentation berdampak positif terhadap literasi sains dan kemampuan kognitif siswa.</p> <p> </p> 2022-07-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Made Bagiada, I Nyoman Laba Jayanta https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/43219 Buku Tema Peristiwa dalam Kehidupan: Sikap dan Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia serta Potensi Budaya Lokal Pendukung dalam Pembelajaran 2022-01-09T04:40:56+00:00 Komang Trisna Mahartini trisna.mahartini@gmail.com Ida Bagus Putrayasa ib.putrayasa@undiksha.ac.id Made Adi Nugraha Tristaningrat adinugraha817@gmail.com <p>Permasalahan kurikulum 2013 bukan hanya berada pada perangkat penunjang atau kesiapan tenaga pendidik, melainkan pada konsep pembelajaran yang kurang mampu memenuhi harapan dari kurikulum 2013 yang menekankan pada penanaman nilai sikap, tanpa mengabaikan aspek pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai sikap dan muatan pembelajaran Bahasa Indonesia serta nilai-nilai budaya lokal pendukung dalam pembelajaran kurikulum 2013 tema <em>Peristiwa dalam Kehidupan</em> di kelas V sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah buku guru dan buku siswa tema <em>Peristiwa dalam Kehidupan</em> kelas V, guru kelas V, orang tua siswa, guru SBdP, dan budayawan. Data dikumpulkan menggunakan pendoman pencatatan dokumen dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap spiritual yang muncul adalah berperilaku syukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, toleransi dalam beribadah; nilai-nilai sikap sosial yang termuat yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri; muatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang muncul yaitu teks pantun dan syair, teks penjelasan dan tabel; dan nilai-nilai budaya lokal yang muncul dalam aktivitas anak kelas tinggi yang mendukung pengembangan nilai-nilai sikap dan muatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada tema Peristiwa dalam Kehidupan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan nilai-nilai sikap spiritual dan sosial menjadi lebih baik.</p> 2022-07-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Komang Trisna Mahartini, Ida Bagus Putrayasa, Made Adi Nugraha Tristaningrat https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/41496 Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Interaktif untuk Siswa Kelas VIII 2022-01-04T11:07:44+00:00 Vinsensia Langa vinsensialanga@gmail.com Ni Wayan Suparmi wayansuparmi458@gmail.com Maria Yuliana Kua yulianakua03@gmail.com <p>Kurangnya buku-buku pembelajaran IPA, sehingga bahan ajar yang digunakan guru masih merupakan bahan ajar biasa atau bahan ajar pasif dan kurang menarik. Di samping itu, metode yang digunakan masih bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan menciptakan bahan ajar IPA berbasis kontekstual interaktif yang valid dan praktis sehingga dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian dilakukan 2 uji ahli media, 2 uji ahli produk, uji kelompok kecil yakni kepada 5 orang siswa dan 2 orang guru mata pelajaran IPA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan menggunakan lembar validasi serta angket respon. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Perolehan hasil rata-rata kevalidan bahan ajar yang dikembangkan dari validator sebesar 3,77 dengan kriteria valid dan hasil rekapitulasi angket respon siswa dan guru sebesar 3,74 dengan kriteria praktis. Maka, bahan ajar IPA berbasis kontekstual interaktif untuk siswa kelas VIII SMP layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini, yaitu dihasilkannya bahan ajar interaktif IPA berbasis kontekstual interaktif dapat digunakan oleh guru sebagai bahan ajar yang membantu belajar siswa.</p> 2022-02-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Vinsensia Langa, Ni Wayan Suparmi, Maria Yuliana Kua https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/41526 Video Pembelajaran Berpendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kompetensi IPA 2021-12-30T12:07:56+00:00 I Ketut Tresna Pradnya Yudana tresnapradnya11@gmail.com I Gde Wawan Sudatha igdewawans@undiksha.ac.id Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana aiwiy-sukmana@undiksha.ac.id <p>Masih banyak guru yang kurang memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan guru mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi, sehingga berdampak pada hasil belajar IPA yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu menciptakan video pembelajaran berbasis kontekstual untuk meningkatkan kompensi IPA pada siswa. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Subjek uji ahli terdiri dari 3 orang ahli media pembelajaran, isi pelajaran, dan desain pembelajaran. Subjek uji coba produk terdiri dari 12 siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, kuesioner, dan pencatatan dokumen. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara dan kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian yang diberikan oleh ahli isi pelajaran yaitu 80% (sangat baik). Penilaian dari ahli desain pembelajaran yaitu 93,33% (sangat baik). Penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu 91,11% (sangat baik). Hasil uji coba perorangan, yaitu 97,5% (sangat baik) dan hasil uji coba kelompok kecil yaitu 95,55% (sangat baik). Maka, video pembelajaran berbasis kontekstual valid dan layak diterapkan dalam pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu video pembelajaran berbasis kontekstual dapat digunakan siswa dalam pembelajaran.</p> 2022-02-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 I Ketut Tresna Pradnya Yudana, I Gde Wawan Sudatha, Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/41538 Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learnig Menggunakan VideoScribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V 2021-12-29T12:16:43+00:00 Rohaima Saragi rohaimasaragi@gmail.com I Made Tegeh im-tegeh@undiksha.ac.id <p>Rendahnya peran aktif siswa dalam proses pembelajaran IPS berdampak pada rendahnya hasil belajar. Hal tersebut juga disebabkan oleh kegiatan pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional. Oleh karean itu, perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat merangsang siswa agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui pengembangan video pembelajaran berbasis <em>problem based learning</em> dengan menggunakan videoscribe. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan 9 orang siswa kelas V. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas produk dikatakan valid dengan masing-masing penilain yakni review ahli isi pembelajaran dengan persentase 86% dengan kategori baik; hasil review ahli desain pembelajaran dengan persentase 90% dengan kategori sangat baik; hasil review ahli media pembelajaran dengan persentase 82% dengan kategori baik; hasil review uji coba perorangan dengan presentase 95,93% dengan kategori sangat baik; hasil review uji coba kelompok kecil dengan persentase 99,75% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, video pembelajaran IPS ini dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.</p> 2022-02-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Rohaima Saragi, I Made Tegeh https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/41590 E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Sumber Belajar IPA Siswa Kelas VII 2021-12-29T12:16:43+00:00 Faradhin Amartha Raqiztya faradhina1999@gmail.com Anak Agung Gede Agung agungtps2056@gmail.com <p>Selama pandemi Covid-19, pembelajaran harus dilakukan secara daring dengan berbagai kendala dan keterbatasan yang ada. Guru kesulitan dalam menyampaikan materi dan tidak dapat melakukakan pembinaan karakter, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu adanya pembelajaran yang inovatif, fleksibel, dan efektif yang dapat merangsang siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pengembangan e-modul berbasis pendidikan karakter. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, serta 9 orang siswa sebagai subjek uji coba perorangan. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan pencatatan dokumen dan kuisioner, dengan instrumen penelitian berupa laporan pencatatan dokumen dan lembar kuesioner/angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi (97%), hasil review ahli desain (95,4%), hasil review ahli media (97,5%), hasil uji coba perorangan (90%), dan hasil uji coba kelompok kecil (93,7%). Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar e-modul yang dikembangkan berada dalam kualifikasi sangat baik, sehingga sangat layak untuk dikembangkan dan dibelajarkan kepada peserta didik.</p> 2022-02-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Faradhin Amartha Raqiztya, Anak Agung Gede Agung https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/41877 Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Hidrokarbon 2022-01-29T19:27:50+00:00 Ketut Sepdyana Kartini sepdyana27@gmail.com I Nyoman Tri Anindia Putra trianindiaputra@stiki-indonesia.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan sebelum mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis <em>android</em> pada materi hidrokarbon. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian pengembangan, yang dikembangkan dengan model ADDIE. Hanya saja tahap yang digunakan pada penelitian ini hanya terbatas pada tahap analisis. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode studi literatur dan studi lapangan dengan instrumen penelitian berupa angket kebutuhan siswa dan angket kebutuhan guru. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Adapun hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa 56% materi hidrokarbon mengandung konsep abstrak, sehingga dibutuhkan bantuan seuatu media pembelajaran interaktif untuk memahami materi tersebut. Hasil analisis kebutuhan 8 guru kimia dan 135 siswa kelas X IPA menunjukkan bahwa 83% siswa merasa kesulitan memahami materi hidrokarbon dan 60% siswa merasa belum cukup jika hanya mendengarkan penjelasan guru sehingga 94,6% guru dan 99% siswa menganggap bahwa penerapan media pembelajaran interaktif dalam kegiatan belajar mengajar memang sangat diperlukan. Seluruh guru dan 98% siswa menyatakan tertarik dan ingin menggunakan media pembelajaran tersebut dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perlu adanya pengembangan media pembelajara interaktif berbasis <em>android</em> pada materi Hidrokarbon.</p> 2022-02-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Ketut Sepdyana Kartini, I Nyoman Tri Anindia Putra https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/42138 Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kelompok Melalui LKPD Berbasis Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray 2021-12-29T12:16:43+00:00 Ayyul Farid ayyulfarid30@gmail.com I Komang Sudarma ik-sudarma@undiksha.ac.id <p>Kurangnya sumber belajar maupun penggunaan bahan ajar pembelajaran yang bervariatif, inovatif, dan interaktif berdampak pada minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang proses pengembangan LKPD berbasis <em>cooperative learning</em> tipe TSTS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian pengembangan ini yaitu 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 1 ahli isi pembelajaran, 3 siswa untuk uji perorangan, dan 8 siswa untuk uji kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yakni metode observasi, metode wawancara, dan metode kuesioner dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar kuesioner. Analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD ini dinyatakan valid dengan hasil <em>review</em> ahli isi desain pembelajaran sebesar 88% dengan kualifikasi baik. Hasil <em>review</em> ahli media pembelajaran sebesar 87% dengan kualifikasi baik. Hasil <em>review</em> ahli isi pembelajaran sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil <em>review</em> dari uji perorangan sebesar 97,6% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil <em>review</em> dari uji kelompok kecil sebesar 97,5% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis <em>cooperative learning</em> tipe TSTS layak dikembangkan dan digunakan untuk proses pembelajaran.</p> 2022-02-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Ayyul Farid, I Komang Sudarma https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/43397 Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0: E-Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Siswa Kelas X 2022-02-02T10:25:21+00:00 Gusti Kade Agus Sulaksana Gst.kd.agus.sulaksana@gmail.com Luh Putu Putrini Mahadewi Lpp-Mahadewi@undiksha.ac.id <p>Permasalahan dalam penelitian ini berfokus terhadap pembelajaran yang masih bersifat konvensional diikuti dengan hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Untuk itu, diperlukan adanya inovasi media yang dapat menunjang dan mengoptimalkan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pengembangan <em>e-learning </em>berbasis <em>schoology</em>. Subjek penelitian yaitu 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, dan 27 siswa untuk uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas <em>e-learning </em>yang dikembangkan dinyatakan valid dengan masing-masing penilain (a) hasil review ahli isi mata pembelajaran dengan persentase 95,00% kategori sangat baik (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan persentase 92,72% kategori sangat baik, (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan persentase 91,11% kategori sangat baik, (d) hasil uji coba perorangan dengan persentase persentase 92,98% kategori sangat baik, (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase 91,46%, dan (f) hasil uji coba lapangan dengan persentase 92,53% kategori sangat baik. <em>E-learning</em> yang dihasilkan berada pada kualifikasi sangat baik, sehingga layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa.</p> 2022-02-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Gusti Kade Agus Sulaksana, Luh Putu Putrini Mahadewi https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/44495 Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya Melalui E-Modul 2022-02-17T14:13:06+00:00 Muhamad Syakir Ramdani syakirramdani12@gmail.com Alexander Hamonangan Simamora alexander.simamora@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini berfokus terhadap permasalahan pembelajaran yang masih bersifat konvensional ditandai dengan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya. Untuk itu, diperlukan adanya pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pengembangan <em>e-modul</em>. Subjek penelitian yaitu 1 orang ahli isi mata pelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>e-modul</em> yang dikembangkan dinyatakan valid dengan masing-masing penilaian: (a) hasil review ahli isi mata pembelajaran (98,46%), (b) hasil review ahli desain (96%), (c) hasil review ahli media (90%), (d) hasil uji coba perorangan (95,53%), dan hasil uji coba kelompok kecil (91,84%). Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul dapat meningkatkan motivasi belajar seni budaya siswa kelas VIII.</p> 2022-02-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Muhamad Syakir Ramdani, Alexander Hamonangan Simamora https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/44775 Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar 2022-02-21T14:51:10+00:00 Putu Diah Purnami Dewi diahpurnami122@gmail.com Ni Wayan Suniasih niwayan.suniasih@undiksha.ac.id <p>Kurang efektifnya penggunaan video pembelajaran saat pembelajaran daring menyebabkan tidak adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa. Video pembelajaran yang digunakan belum bermakna kontekstual menyebabkan siswa tidak dapat memahami konsep materi. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan video pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada muatan materi pengenalan bangun datar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas I SD. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian meliputi ahli materi, desain, media pembelajaran dan siswa kelas I. Metode pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu uji ahli materi sebesar 95,83%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 100%, uji ahli media pembelajaran sebesar 98,33%, uji coba perorangan sebesar 90,90%, uji coba kelompok kecil sebesar 92,16%, uji coba kelompok besar sebesar 90,81%, dan hasil uji efektivitas diperoleh bahwa <em>pre-test</em> memiliki rata-rata skor 70 dengan kualifikasi sedang dan <em>pos-test</em> memiliki rata-rata skor 85 dengan kualifikasi tinggi. Jadi, media video pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada muatan materi pengenalan bangun datar layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini adalah siswa dapat belajar matematika menggunakan video pembelajaran berbasis etnomatematika untuk dapat meningkatkan motivasi dan melakukan aktivitas pembelajaran yang bermakna.</p> 2022-02-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Putu Diah Purnami Dewi, Ni Wayan Suniasih https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/46477 Video Animasi Berorientasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 2022-04-23T14:50:43+00:00 Ni Made Ayu Primadewi ayuprimadewi2404@gmail.com Gusti Ngurah Sastra Agustika gn.sastra.a@undiksha.ac.id <p>Minimnya penggunaan media pembelajaran menjadi dasar rendahnya minat siswa untuk belajar. Selain itu, pembelajaran yang masih bersifat konvensional juga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Inilah yang menjadi masalah utama dalam penelitian ini. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menciptakan media video animasi berorientasi problem based learning materi pecahan pada siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian meliputi 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan media pembelajaran, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, 9 orang siswa sebagai uji coba kelompok kecil, dan 26 orang siswa sebagai uji coba kelompok besar. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian melalui hasil review uji ahli materi memperoleh skor sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 90,27% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil sebesar 90,73% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok besar sebesar 90,16% dengan kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media video animasi berorientasi problem based learning materi pecahan pada siswa kelas IV SD layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.</p> 2022-05-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Ni Made Ayu Primadewi, Gusti Ngurah Sastra Agustika https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/43232 Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika SD pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022-01-12T21:31:54+00:00 I Komang Wahyu Wiguna komangwahyu@stahnmpukuturan.ac.id I Nengah Suastika nengah.suastika@undiksha.ac.id L. Heny Nirmayani henynirmayani@stahnmpukuturan.ac.id <p>Mata kuliah konsep dasar mapel Matematika SD merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa semester dua pada program studi PGSD. Bahan ajar yang selama ini digunakan dalam kegiatan pembelajaran merupakan bahan ajar sederhana yang dibuat oleh dosen dengan mengggunakan referensi yang ada pada perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bahan ajar yang perlu dikembangkan untuk mata kuliah konsep dasar mapel matematika SD. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD yang pernah menempuh mata kuliah ini. Sampel dipilih secara acak sebanyak 123 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan angket terbuka untuk mahasiswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi pada pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar mapel Matematika SD adalah belum adanya bahan ajar yang bisa dijadikan sebagai pegangan dalam proses perkuliahan. Hasil analisis angket kebutuhan mahasiswa menunjukkan bahwa bahan ajar diperlukan oleh mahasiswa adalah berupa buku ajar; materi di dalam buku ajar berisi tentang logika matematika, konvers, invers, kontraposisi, tautologi, kontradiksi, dan kontingensi suatu pernyataan, serta himpunan dan fungsi. Implikasi penelitian ini diharapkan menjadi bagian dari studi awal pengembangan buku ajar sebagai bahan ajar mata kuliah Konsep Dasar mapel Matematika SD. </p> 2022-07-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 I Komang Wahyu Wiguna, I Nengah Suastika, L. Heny Nirmayani https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/46716 Modul Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas VI Sekolah Dasar 2022-05-10T10:12:23+00:00 Ni Putu Dian Angga Monika Putri monikaundiksha@yahoo.com I Kadek Suartama ik-suartama@undiksha.ac.id <p>Kurangnya motivasi belajar terutama dalam masa pembelajaran jarak jauh atau daring disebabkan oleh kurangnya ketersediaan media ajar yang mampu mendukung aktivitas belajar daring. Tujuan penelitian untuk menciptakan modul pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ialah 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa sebagai responden uji coba perorangan dan 6 siswa uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi produk modul interaktif dinyatakan layak berdasarkan <em>review</em> ahli isi mata pelajaran memperoleh tingkat kelayakan sangat baik (92%), <em>review</em> ahli media pembelajaran memperoleh kelayakan sangat baik (90%), <em>review </em>ahli desain memperoleh kualitas sangat baik (90%), uji coba perorangan memperoleh tingkat kelayakan sangat baik (92,37%), dan uji coba kelompok kecil juga memperoleh kualitas sangat baik (92,13%). Oleh karena itu, media modul interaktif layak diterapkan dalam aktivitas belajar siswa. Implikasi penelitian ini diharapkan guru tetap menggunakan modul interaktif untuk menunjang pembelajaran daring, sehingga siswa lebih mudah memahami materi.</p> 2022-07-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Ni Putu Dian Angga Monika Putri, I Kadek Suartama