Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menengah Kejuruan Melalui Mobile Learning

Penulis

  • Sovia Haryati Universitas Negeri Padang
  • Fahmi Rizal Universitas Negeri Padang
  • Nurhasan Syah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.31896

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Kejuruan, Mobile Learning

Abstrak

Masih banyak guru yang belum mampu menerapkan teknologi pada setiap pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mobile learning pada siswa menengah kejuruan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang telah dimodifikasi. Populasi penelitian adalah 62 siswa. Sampel penelitian ini adalah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuisioner. Instrumen yang digunakan adalah angket berupa skala likert. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistic kualitatif dan kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi yang dilakukan diperoleh persentase rata-rata penilaian sebesar 88% dengan kategori valid dengan begitu dapat disimpulkan aplikasi media pembelajaran mobile learning sudah valid untuk digunakan dalam pembelajaran Mekanika Teknik. Hasil penilaian yaitu nilai yang diberikan oleh materi pembelajaran yaitu 0,875 (valid), penilaian yang diberikan oleh ahli media pembelajaran yaitu 87,93 (praktis), hasil uji coba siswa mendapatkan nilai 87,93 (valid) dan hasil uji Efektivitas pembelajaran dikatakan efektif jika tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dalam satu kelas mencapai 80%. Dapat disimpulkan bahwa mobile learning yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru sebagai fasilitas untuk belajar mandiri pada siswa.

Referensi

Annisa, E. N., Supriyati, Y., & Nurani, Y. (2020). Peningkatan Pemahaman Berhitung dan Kardinalitas melalui Penggunaan Media Rangkasbitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.441.

Bartel, A., & Hagel, G. (2014). Engaging students with a mobile game-based learning system in university education. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 8(4), 957– 960. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijim.v8i4.3991.

Barus, G. (2015). Menakar Hasil Pendidikan Karakter Terintegrasi Di SMP. Cakrawala Pendidikan, 34(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4827.

Cecep, Mutaqin, & Pamungkas. (2019). Pengembangan Modul Quick Math Berbasis Mobile Learning sebagai Penunjang Pembelajaran Matematika di SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1761.

Chen, B., Wang, Y., Xiao, L., Xu, C., Shen, Y., & Qin, Q. (2021). Effects of mobile learning for nursing students in clinical education: A meta-analysis. Nurse Education, 97. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104706.

Chen, C.-H., & Tsai, C.-C. (2021). In-service teachers’ conceptions of mobile technology-integrated instruction: Tendency towards student-centered learning. Computers & Education, 170(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104224.

Díaz-Sainz, G., Pérez, G., Gómez-Coma, L., Ortiz-Martínez, V. M., Domínguez-Ramos, A., Ibañez, R., & Rivero, M. J. (2021). Mobile learning in chemical engineering: An outlook based on case studies. Education for Chemical Engineers, 35. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.013.

Fauzi, H. A., Komalasari, K., & Malik, Y. (2017). Utilization of Audio Visual Media to Improve Student Learning Result in IPS Learning. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 88–103. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8666.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Professional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255.

Hanida, E. Y., Iriani, T., & Arthur, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif CAI Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X di SMK Negeri 1 Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jpensil.v4i2.9879.

Hanifah, & Budiman. (2019). Pengaruh Model Open Ended Problem Berbantu Media Kotak Telur Pelangi ( Kotela ) Terhadap Hasil Belajar. Journal of Education Technology., 3(3), 1–137. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734.

Harliawan, H. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Meningkatkan hasil belajar IPS Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Ekuitas, 3(1). https://doi.org/http://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12786.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.

Irwandi. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Rukun Iman Pada Siswa Kelas I SD Negeri 49 Kota Banda Aceh. Pionir Jurnal Pendidikan, 9(1), 25–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3321.

Isdayanti, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Adobe Flash Pada Materi Daur Hidup Hewan. JIPP (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 390–406. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i2.27320.

Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.

Liu, C., He, J., Ding, C., Fan, X., Hwang, G.-J., & Zhang, Y. (2021). Self-oriented learning perfectionism and English learning burnout among EFL learners using mobile applications: The mediating roles of English learning anxiety and grit. Learning and Individual Differences, 88. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.lindif.2021.102011.

Lu, H., Liu, J., Luo, Y., Hua, Y., Qiu, S., & Huang, Y. (2021). An autonomous learning mobile robot using biological reward modulate STDP. Neurocomputing, 458(7). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.neucom.2021.06.027.

Mawarni, & Muhtadi. (2017). Pengembangan Buku Digital Interaktif Mata kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10114.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949.

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi Kurikulum Dan Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020.

Muswita, Utomo, A. B., Yelianti, U., & Wicaksana, E. J. (2018). Pengembangan E-Book Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Struktur Tumbuhan. Pendidikan Biologi, 11, 93–104. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v11i2.23814.

Mutambara, D., & Bayaga, A. (2021). Determinants of mobile learning acceptance for STEM education in rural areas. Computers & Education, 160. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104010.

Ngabekti, Prasetyo, Hardianti, & Teampanpong. (2019). The Development of STEM Mobile Learning Package Ekosistem. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 81–88. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.16905.

Paramita, D. K., Garminah, & Wibawa, I. M. C. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6954.

Pujayanti, P., Murda, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus Viii Munduk. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1341.

Purwantini, J. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe TGT Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.960.

Puspitasari, & Murda. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran IOC Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19470.

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418.

Putri, E. N. D., & Desyandari. (2019). Penggunaan Media Lagu Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 233–236. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.52.

Rani, Ardana, & Negara. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676.

Rudiyati, S. (2013). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusif Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Pendidikan Khusus Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1488.

Salmah, S., & Tamjidnoor. (2019). Aksesibilitas Pendidikan Bagi Kaum Disabilitas Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Di Kota Banjarmasin. Al-Banjari: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 18(1). https://doi.org/https://doi.org/10.18592/al-banjari.v18i1.2995.

Sari, S. (2019). Literasi Media Pada Generasi Milenial Di Era Digital. Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37676/professional.v6i2.943.

Sophonhiranrak, S. (2021). Features, barriers, and influencing factors of mobile learning in higher education: A systematic review. Heliyon, 7(4). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06696.

Sunismi. (2015). Developing Guided Discovery Learning Materials Using Mathematics Mobile Learning Application As An Alternative Media For The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan, 34(5). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340.

Suryanda, Ernawati, & Maulana. (2016). Pengembangan Modul Multimedia Mobile Learning Dengan Android Studio 4.1 Materi Keanekaragaman Hayati Bagi Siswa Sma Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 55–64. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.9.

Suryawati, E., Suzanti, F., Zulfarina, Putriana, A. R., & Febrianti, L. (2020). The implementation of local environmental problem-based learning student worksheets to strengthen environmental literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 169–178. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.22892.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Kwangsan, 4(2), 67–80. https://doi.org/https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p67--80.

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.

Widyari, I. A. M., Ganing, N. N., & Sri Asri, I. G. A. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Teks Dialog Terhadap Kompetensi Keterampilan Berbicara Dalam Bahasa Indonesia. Mimbar Ilmu, 23(2), 95–103. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16415.

Willya, Poluakan, Dikayuana, Wibowo, & Raharjo. (2019). Generasi Milenial Pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26241.

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459.

Yusri. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas X di SMAN I Dekai Kabupaten Yahukimo. Ilkom Jurnal Ilmiah, 8(1), 49–56. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i1.22.49-56.

Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2020). Implementing e-learning-based virtual laboratory media to students’ metacognitive skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(5), 63–74. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i05.12029.

Diterbitkan

2021-04-21

Cara Mengutip

Haryati, S., Rizal, F., & Syah, N. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menengah Kejuruan Melalui Mobile Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 31–39. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.31896

Terbitan

Bagian

Articles