Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376Kata Kunci:
Media Video Pembelajaran, HOTS, ADDIEAbstrak
Pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan hasil belajar siswa yang rendah merupakan permasalahan utama dalam penelitian ini. Sehingga, diperlukan adanya media pembelajaran yang mampu menunjang pembelajaran dan dapat mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan rancang bangun media video pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), dan untuk mengetahui validitas media video pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 1 orang sebagai ahli isi pembelajaran, 1 orang sebagai ahli desain pembelajaran, 1 orang sebagai ahli media pembelajaran, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, dan 9 orang siswa sebagai uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data menggunakan metode pencatatan dokumen dan kuesioner dengan menggunakan instrumen lembar pencatatan dokumen dan lembar kuesioner. Teknik analisis data yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kualitas media video pembelajaran ini mendapat hasil validitas yaitu melalui hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96%), hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (86,67%), hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94%), hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (92,22%) dan hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (96,67%). Media video pembelajaran ini berada pada kualifikasi sangat baik dan baik maka layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, media ini berimplikasi terhadap minat belajar siswa serta memotivasi guru dalam mengembangkan media pembelajaran lainnya.
Referensi
Agung, A. A. G. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/18403
Ansyari, M. F. (2018). Developing a rubric for assessing pre-service English teacher struggles with instructional planning. Cogent Education, 5(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1507175
Arif, & Yeniawati. (2018). Pengantar Desain Pembelajaran. Jambi: Pustaka Ma’Arif Press.
Azmi, R. A., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 303–314. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/25840
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model | Cahyadi | Halaqa: Islamic Education Journal. HALAQA: Islamic Education Journal, 3(1), 35–43. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/halaqa/article/view/2124/1528
Chiu, P.-S., Chen, H.-C., Huang, Y.-M., Liu, C.-J., Liu, M.-C., & Shen, M.-H. (2017). A video annotation learning approach to improve the effects of video learning. Innovations in Education and Teaching International, 55(4), 459–469. https://doi.org/10.1080/14703297.2016.1213653
Christ, T., Arya, P., & Chiu, M. M. (2017). Video use in teacher education: An international survey of practices. Teaching and Teacher Education, 63, 22–35. https://doi.org/10.1016/J.TATE.2016.12.005
Coles, A. (2019). Facilitating the use of video with teachers of mathematics: learning from staying with the detail. International Journal of STEM Education, 6(5). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0155-y
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Endriani, R., Sundaryono, A., & Elvia, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan video untuk mengukur kemampuan berfikir kritis siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 142–146.
Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1).
Fatmala, N. E., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W. (2017). Pengembangan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/13141
Febriani, Co. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461
Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). Analysis of mathematical abstraction on concept of a three dimensional figure with curved surfaces of junior high school students Recent citations Analysis of mathematical abstraction on concept of a three dimensional figure with curved surfaces of junior. Journal of Physics: Conference Series, 12037. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012037
Gellerstedt, M., Babaheidari, S. M., & Svensson, L. (2018). A first step towards a model for teachers’ adoption of ICT pedagogy in schools. Heliyon, 4(9), 786. https://doi.org/10.1016/J.HELIYON.2018.E00786
Hajhashemi, K., Caltabiano, N., Anderson, N., & Tabibzadeh, S. A. (2018). Multiple intelligences, motivations and learning experience regarding video-assisted subjects in a rural university. International Journal of Instruction, 11(1), 167–182. https://doi.org/10.12973/IJI.2018.11112A
Hakim, A. L., Anggraini, Y., Fitriani, R., & Haqiqi, A. K. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 3(2), 131–136. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF/article/view/1353
Haking, D. D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran Pjok Untuk Siswa Kelas V Sd Article History. JKTP, 2(4), 320–328. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index
Hapsari, A. S., & Hanif, M. (2019). Motion graphic animation videos to improve the learning outcomes of elementary school students. European Journal of Educational Research, 8(4), 1245–1255. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1245
Ichsan, I. Z., Iriani, E., & Hermawati, F. M. (2018). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Video Berbasis Kasus Pencemaran Lingkungan. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33503/ebio.v3i02.175
Kasri, K. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 2(3). https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.69
Kurniawati, T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai Karakter Mandiri Berbantuan Video Animasi Pembelajaran Untuk Paud. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p030
Lange, C., & Costley, J. (2020). Improving online video lectures: learning challenges created by media. International Journal of Educational Technology in Higher Education 2020 17:1, 17(1), 1–18. https://doi.org/10.1186/S41239-020-00190-6
Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Himpunan. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 2579–4647. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/611
Listiani, W., & Sulistyorini, Y. (2021). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Menyusun Tes Matematika HOTS. LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 99–106. https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/Laplace/article/view/467/464
Lubis, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264
Melinda, V. A., Degeng, N. S., & Kuswandi, D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada Kelas V SDNU Kratonkencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158–164. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2383
Meyera, O. A., Omdahlb, M. K., & Guido, M. (2019). Investigating the effect of pre-training when learning through immersive virtual reality and video A media and methods experiment | Elsevier Enhanced Reader. Computers & Education, 140, 1–17. https://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S0360131519301563?token=E4C055D74F9F4175C486D74DB6C108AAD28710DFBCEC071EEA5907164469AA0AFD0F400B56FCEF355B4F712EFE582AFE&originRegion=eu-west-1&originCreation=20210827082610
Mursanti, A. E., Fatirul, A. N., & Hartono. (2020). Edcomtech Pengembangan Bahan Ajar Dasar Tata Rias Wajah untuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga (PVKK) Tata Rias. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 76–87.
Musthofa, U., & Murdani. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar 3D. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 18(2).
Nashrullah, N., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Adaptasi Dan Cara Berkembang Biak Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 327–332. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7076
Nguyen, T. M. T., & Nguyen, T. huy L. (2017). Influence of explicit higher-order thinking skills instruction on students’ learning of linguistics. Thinking Skills and Creativity, 26, 113–127. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2017.10.004
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Nurkamilah, M., Fahmi Nugraha, M., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. 2(2), 70.
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763
Pangestu, R. D., Mayub, A., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 48–55. https://doi.org/10.33369/JKF.1.1.48-55
Panjaitan, D. J., & Hasanah, D. N. (2019). Musik Mozart Sebagai Pengiring Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Belajar Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.32696/JMN.V3I1.109
Pasandaran, R. F. (2018). Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) Sebagai Assessment Autentik untuk Membangun Kemampuan Literasi Mahasiswa dalam Mengidentifikasi Grafik Fungsi Trigonometri. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1).
Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook Recent citations Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook. Journal of Physics: Conference Series, 12147. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012147
Purbayanti, H. S., Ponoharjo, P., & Oktaviani, D. N. (2020). Analisis Kebutuhan Video Pembelajaran Matematika Pada Pandemi Covid-19. JIPMat, 5(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6693
Purwanto Soeprapto, A., Kurniawan, E., Purwanto, A., Zajuli Ichsan, I., Ali, A., & Kaur Swaran Singh, C. (2020). ESBOR: Analysis Students HOTS for Develop Digital Technology in Environmental Learning. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), 3896–3904. https://www.researchgate.net/publication/342277674
Rahman, A., Aryani, F., & Sinring, A. (2019). Pengembangan Media Video Bimbingan Konseling untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.5002
Rosnihayati, R. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Ii Sdn 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4110
Soimah, I. (2018). Pengaruh media pembelajaran berbasis komputer terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari motivasi belajar siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 38–44. https://doi.org/10.30738/NATURAL.V5I1.2559
Suryawan, I. G. P., Suwatra, I. I. W., & Sumantri, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sscs Berbantuan Kartu Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iii Sd Di Gugus Xiii Kecamatan Buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 2017. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10664
Susanto, A. (2017). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru (Konsep, Strategi, dan Implementasi). Jakarta: Pernada Media Group.
Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100
Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan video pembelajaran daring anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Al-Athfaal : Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).
Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Usman, S. D., & Husnan, R. (2020). Efectivitas Penerapan Media Video Pembeajaran Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 6(2 DES), 59–65. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/eb/article/view/22013
Utaminingtyas, S. (2020). Implementasi Problem Solving Berorientasi Higher Order Thingking Skill (Hots) Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 84–98. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/9117
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35–43. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944
Yip, J., Wong, S. H., Yick, K. L., Chan, K., & Wong, K. H. (2019). Improving quality of teaching and learning in classes by using augmented reality video. Computers & Education, 128, 88–101. https://doi.org/10.1016/J.COMPEDU.2018.09.014
Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 28(1), 28–38.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)