Video Animasi Berorientasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD

Penulis

  • Ni Made Ayu Primadewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.46477

Kata Kunci:

problem-based learning, ADDIE, Video animasi

Abstrak

Minimnya penggunaan media pembelajaran menjadi dasar rendahnya minat siswa untuk belajar. Selain itu, pembelajaran yang masih bersifat konvensional juga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Inilah yang menjadi masalah utama dalam penelitian ini. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menciptakan media video animasi berorientasi problem based learning materi pecahan pada siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian meliputi 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan media pembelajaran, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, 9 orang siswa sebagai uji coba kelompok kecil, dan 26 orang siswa sebagai uji coba kelompok besar. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian melalui hasil review uji ahli materi memperoleh skor sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 90,27% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil sebesar 90,73% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok besar sebesar 90,16% dengan kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media video animasi berorientasi problem based learning materi pecahan pada siswa kelas IV SD layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Biografi Penulis

Ni Made Ayu Primadewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Dasar

Gusti Ngurah Sastra Agustika, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Dasar

Referensi

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Alavudeen, S. S., Easwaran, V., Mir, J. I., Shahrani, S. M., Aseeri, A. A., Khan, N. A., Almodeer, A. M., & Asiri, A. A. (2021). The Influence of COVID-19 Related Psychological and Demographic Variables on The Effectiveness of E-Learning Among Health Care Students in The Southern Region of Saudi Arabia. Saudi Pharmaceutical Journal, 29(7), 775–780. https://doi.org/10.1016/j.jsps.2021.05.009.

Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The Role of Motivations and Perceptions on The Retention of Inservice Teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186.

Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, & Sunanto. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Zuraida. Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Apriadi, H. (2021). Video Animasi Matematika dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 173. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621.

Arifin, Z., Tegeh, I. M., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2021). Independent Learning through Interactive Multimedia Based on Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 244. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292.

Baber, H. (2021). Modelling The Acceptance of E-Learning During The Pandemic of COVID-19-A Study of South Korea. The International Journal of Management Education, 19(2), 100503. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100503.

Codreanu, E., Sommerhoff, D., Huber, S., Ufer, S., & Seidel, T. (2020). Between Authenticity and Cognitive Demand: Finding a Balance in Designing A Video-Based Simulation in The Context of Mathematics Teacher Education. Teaching and Teacher Education, 95, 103146. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103146.

Coles, A. (2019). Facilitating The Use of Video with Teachers of Mathematics: Learning from Staying with The Detail. International Journal of STEM Education, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0155-y.

Diani, R., Hartati, N. S., & Email, C. A. (2018). Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dengan 3D Pageflip Professional, 4(2), 234–244. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819.

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.

Febriyanti, A. D., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1409–1416. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.933.

Gellerstedt, M., Babaheidari, S. M., & Svensson, L. (2018). A First Step towards A Model for Teachers’ Adoption of ICT Pedagogy in Schools. Heliyon, 4(9), e00786. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2018.e00786.

Hajhashemi, K., Caltabiano, N., & Anderson, N. (2018). Multiple Intelligences, Motivations and Learning Experience Regarding Video-Assisted Subjects in a Rural University. International Journal of Instruction, 11(1), 167–182. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11112a.

Hidayat, Y. R., & Fasha, L. H. (2021). Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Realistik di Kelas IV SD Negeri 195 Isola Kota Bandung. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(4), 640–650. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5577.

Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646.

Johansson, L. G., Grønvad, J. F., & Budtz Pedersen, D. (2020). A Matter of Style: Research Production and Communication Across Humanities Disciplines in Denmark in The Early-Twenty-First Century. Poetics, 83, 101473. https://doi.org/10.1016/j.poetic.2020.101473.

Kühl, T. (2021). Prerequisite Knowledge and Time of Testing in Learning with Animations and Static Pictures: Evidence for The Expertise Reversal Effect. Learning and Instruction, 73, 101457. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2021.101457.

Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, M. C. B. (2019). Problem-Based Learning as An Effort to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1140–1143. https://doi.org/10.5281/zenodo.3457426.

Mohd Saiboon, I., Musni, N., Daud, N., Shamsuddin, N. S., Jaafar, M. J., Hamzah, F. A., & Abu Bakar, A. (2021). Effectiveness of Self-Directed Small-Group-Learning Against Self-Directed Individual-Learning Using Self-Instructional-Video in Performing Critical Emergency Procedures Among Medical Students in Malaysia: A Single-Blinded Randomized Controlled Study. Clinical Simulation in Nursing, 56, 46–56. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2021.02.006.

Mufidah, I., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Development of Learning Media for Video Audio-Visual Stop Motion Based on Contextual Teaching and Learning in Science Learning Water Cycle Material. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 449. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.27357.

Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 405–411. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.193.

Nurfadhillah, S., Andriyanto, A., Shadiqa, C. D., Refaldi, R. R., & Hasri, T. N (2021). Pengembangan Media Visual sebagai Upaya Menyampaikan Materi Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Muncul 1. , 3(1), 177–197. https://doi.org/10.36088/bintang.v3i1.1290.

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223.

Pradiptha, I. P. A., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Materi Bangun Datar Muatan Matematika pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 27–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.

Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2284–2301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1183.

Rahmatika, R., Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The Effectiveness of Youtube as An Online Learning Media. Journal of Education Technology, 5(1), 152. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628.

Ridha, M., Firman, & Desyandri. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. 5, 154–162. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.925.

Ružičić, V. (2021). Development of Methodology Successful Realization of the Teaching Process. Узданица, 18(1), 231–244. https://doi.org/10.46793/Uzdanica18.1.231R.

Sanchez, C. A., & Weber, K. (2019). Using Relevant Animations to Counter Stereotype Threat When Learning Science. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 8(4), 463–470. https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2019.08.003.

Saputra, I. M. M., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Video Animasi Berbasis Project dalam Muatan Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 10–16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/32843.

Simamora, R. M. (2020). The Challenges of Online Learning During The COVID-19 Pandemic: An Essay Analysis of Performing Arts Education Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38.

Sintiya, M. W., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan E -Modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo untuk Siswa SMP. 06(01), 1–15. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr.

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243.

Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2472–2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 11–29. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.012-02.

Weng, S.-S., & Chen, H.-C. (2020). Exploring the Role of Deep Learning Technology in The Sustainable Development of the Music Production Industry. Sustainability, 12(2), 625. https://doi.org/10.3390/su12020625.

Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. 9(2), 195–205.

http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.

Yip, J., Wong, S.-H., Yick, K.-L., Chan, K., & Wong, K.-H. (2019). Improving Quality of Teaching and Learning in Classes by Using Augmented Reality Video. Computers & Education, 128, 88–101. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.014.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563.

Zhang, J., Liao, G., & Li, N. (2020). Combining Active Learning and Local Patch Alignment for Data-Driven Facial Animation with Fine-Grained Local Detail. Neurocomputing, 398, 431–441. https://doi.org/10.1016/j.neucom.2019.05.102.

Diterbitkan

2022-05-04

Cara Mengutip

Primadewi, N. M. A., & Agustika, G. N. S. (2022). Video Animasi Berorientasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 167–177. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.46477

Terbitan

Bagian

Articles