Kajian Aksiologi Metode Stifin dalam Pemetaan Mesin Kecerdasan Manusia

Authors

  • Afridha Laily Alindra Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v1i1.13971

Abstract

Metode STIFIn ini merupakan penerapan dari konsep STIFIn yang mengkompilasi dari teori-teori psikologi, neuroscience, dan ilmu sumberdaya manusia. Cara mengetahui mesin kecerdasan ini dengan STIFIn Fingerprint, sebuah tes yang dilakukan dengan cara men-scan kesepuluh ujung jari untuk mendapatkan sidik jari dengan alat fingerprint. Sidik jari yang membawa informasi tentang komposisi susunan syaraf tersebut kemudian dianalisa dan dihubungkan dengan belahan otak tertentu yang dominan berperan sebagai sistem operasi dan sekaligus menjadi mesin kecerdasan seseorang yang diberinama STIFIn yang merupakan singkatan dari sensing (disingkat S), thinking (disingkat T), intuiting (disingkat I), feeling (disingkat F), insting (disingkat In). Dengan menggunakan metode kajian literatur menganalisis bahwa keberadaan mesin kecerdasan dan kepribadian genetik ini mendorong pengembangan potensi kecerdasan manusia yang lebih efektif. Pandangan studi aksiologis metode STIFIn perlu dipelajari secara lebih mendalam, terutama penggunaannya dalam bidang pendidikan

References

Firman, H. 2018. Filsafat Sains. Program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan.

Gardner, H. 2003. Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York: John Wiley.

Gunadi, I. n.d. Pengembangan Model Kepemimpinan Sekolah dengan Pendekatan Konsep STIFIn. https://independent.academia.edu/IkhsanGunadi1 ( Diunduh 4 April 2018)

Mundiri, A & Irma Z. 2017. Implementasi Metode STIFIn Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Rumah Qur’an STIFIn Paiton Probolinggo. Journal of Islamic Education Studies. Volume 5 No (2), 201-223 http://dx.doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.201-223

Nistiningtyas. 2013. Penggunaan Hasil Tes STIFIn dalam Mencapai Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tarikh Di Kelas VIII SMP Islam Terpadu Al- Amri Probolinggo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam. Tidak Diterbitkan.

Pasiak, T. 2008. Revolusi IQ/EQ / SQ Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan Al – Qur’an Dan Neurosains Mutakhir. Bandung: Mizan.

Poniman, F. 2012. Penjelasan Hasil Tes STIFIn. Bekasi: PT. STIFIn Fingerprint

Poniman, F. & Rahman, A.M. 2013. Konsep Palugada STIFIn. Jakarta: STIFIn Institute.

Rafianti, I. & Pujiastuti, H. 2017. Analysis Of Students' Mathematical Power In Terms Of STIFIn Test. Infinity Journal of Mathematics Education, 6, (1), 29-36. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i1.233

Ramly, N. 2010. Rahasia & Keajaiban Kekuatan Otak Tengah. Jakarta: Best Media Utama.

Ratna, S.D& Ridwan. A.S. 2017. Peran Guru Fisika Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SMA. http://snpsunimed.com/panitia/fullpaper/(491-500)_Salwa_Dwi_Ratna.pdf (Diunduh tanggal 4 April 2018)

Suriasumantri, J.S. 2010. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Popular. Jakarta: Sinar Harapan.

Smith, M.K. 2002. Howard Gardner and Multiple Intelligences. The encyclopedia of informal education. https://www.schols.smcdbs.on.ca (Diunduh 3 April 2018)

Tyagi, A. 2008. Personality Profiles Identification Using MBTI Test for Management Students: An Empirical Study. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, 34, (1), 151-162.

Wiramihardja, S. A. 2009. Pengantar Filsafat: Sistematika dan Sejarah Filsafat, Logika dan Filsafat Ilmu (Epistemologi), Metafisika dan Filsafat Manusia, Aksiologi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Downloads

Published

2018-05-04

Issue

Section

Articles