FILSAFAT PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA (TOKOH TIMUR)

I Made Sugiarta, Ida Bagus Putu Mardana, Agus Adiarta, wayan artanayasa

Abstract


Gagasan-gagasan filosofis Ki Hajar Dewantara telah menjadi pondasi yang cukup kokoh dalam praksis pendidikan di Indonesia, meskipun dalan pengejewantahannya dewasa ini sering terinfiltrasi oleh determinasi filosofi Barat. Munculnya degradasi nilai dalam masyarakat sebagai akumulasi proses pendidikan yang lebih mengedepankan transformasi knowledge dari pada transformasi value dalam sistem pendidikan, telah menyentakan pemangku pendidikan di Indonesia untuk meletakkan kembali pilar filosofi kendidikan yang dicetuskan oleh tokoh-tokoh pendidikan di Indonesia. Pendidikan merupakan upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik baik potensi fisik maupun potensi cipta, rasa, maupun karsanya agar potensi itu menjadi nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya. Dasar pendidikan adalah cita-cita kemanusiaan universal maka dalam pemecahan masalah-masalah pendidikan yang komplek juga dibutuhkan filsafah-filsafah agar solusi pemecahan masalah tersebut juga dapat dirasakan manfaatnya bagi semua pihak. Salah satu tokoh yang memiliki filsafah pendidikan yaitu Ki Hadjar Dewantara, beliau adalah seorang bangsawan dari lingkungan Kraton Yogyakarta yang peduli dengan lingkungan pendidikan.

Kata Kunci: Filsafat Pendidikan; Ki Hajar Dewantara; Tokoh Timur



Full Text:

PDF

References


Darsiti Suratman. Ki Hadjar Dewantara. Jakarta: Majelis Pendidikan dan Kebudayaan. 1985.

Helena Asri Sinawang. 2008. Guru dan Watak Bangsa, dari http://www.keyanaku.blogspot.com.

Diunduh 28 Maret 2011.

Irna H.N. Hadi Soewito. Soewardi Soerjaningrat dalam Pengasingan. Jakarta: Balai Pustaka. 1985.

Ki Gunawan. Aktualisasi konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam sistem pendidikan nasional Indonesia di Gerbang XXI, dalam Ki hadjar Dewantara dalam pandangan para cantrik dan mantriknya. Yogyakarta: MLPTS. 1989.

Ki Hadjar Dewantara. Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa. 1977.

Ki Muchammad Said Reksohadiprodjo. Masalah-masalah Pendidikan Nasional. Jakarta: CV. Haji Masagung. 1989.

Ki Suratman. Pokok-pokok Ketamansiswaan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa. 1987.

MLPTS. Peraturan Besar dan Piagam Persatuan Taman Siswa. Yogyakarta: MLPTS. 1992. Muchammad Tauchid. Perjuangan dan Ajaran Hidup Ki Hadjar Dewantara. Yogyakarta: Majelis

Luhur Persatuan Taman Siswa. 1963.

Muchammad Tauchid dan Ki Suratman. Taman Siswa dan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Yogyakarta: MLPTS. 1988.

Winarno Surakhmad, dkk. (2003). Mengurai Benang Kusut Pendidikan. Jakarta: Transformasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jfi.v2i3.22187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License

Jurnal Filsafat Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Filsafat Indonesia indexed by:

Akreditasi SINTA 5    Crossref JPI


Creative Commons License

Jurnal Filsafat Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.