TINJAUAN FILSAFATI (ONTOLOGI, EPISTIMOLOGI, DAN AKSIOLOGI) DALAM MUATAN MATERI SASTRA DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII SERTA RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jfi.v4i1.22841Keywords:
analisis konten, buku teks, tinjauan filsafati.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menggali landasan filsafati; ontologi, epistimologi, dan aksiologi dalam skripsi yang ditulis oleh Dewi Kinasih berjudul Muatan Materi Sastra Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII serta Relevansinya Dengan Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar. Metode penelitian ini adalah analisis konten inferensial. Teknik analisis data penelitian ini dengan cara pengadaan data, pengurangan data, inferensi, dan analisis data. Hasil tinjauan menunjukkan aspek ontologi berupa hakikat buku teks adalah buku yang berisi petunjuk dalam sebuah pelajaran tertentu untuk mencapai tujuan instruksional. Buku teks bahasa Indonesia mencakup dua materi, yakni materi bahasa dan materi sastra. Materi sastra memiliki fungsi untuk menghibur diri dan bermanfaat. Setiap materi dalam buku teks mengandung beberapa kompetensi inti dan kompetensi dasar yang harus dicapai; sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Pada aspek epistimologi, pemerolehan data telah menunjukkan kebermaknaan hasil penelitian. Namun, terdapat beberapa teknik yang tidak dikemukakan yaitu subjek penelitian, wawancara, kuesioner, dan kartu data. Aspek aksiologi, berkaitan dengan nilai pendidikan yang memiliki manfaat dari segi pembelajaran sastra dan segi sosial. Dalam pembelajaran dapat mengarahkan peserta didik memeroleh sesuatu nilai, sedangkan dari segi sosial, mampu meningkatkan kepekaan terhadap nilai-nilai kehidupan bermasyarakat dan mampu membentuk karakter peserta didik seperti religius, bertanggung jawab, percaya diri, kritis, berbudaya, berwawasan luas, halus budi pekerti, dan santun.
References
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Husen, Akhlan, M. Subana, dan Deny Iskandar. 1998. Telaah Kurikulum dan Buku Teks
Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Iwe. 2017. Materi Sastra dalam Kurikulum 2013. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/.
Diunduh pada tanggal 20 November pukul 18.33.
Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 4 No 1 Tahun 2021
ISSN: E-ISSN 2620-7982, P-ISSN: 2620-7990
Jurnal Filsafat Indonesia | 117
John M. Echols dan Hassan Shadily. 2000. Kamus Inggris Indonesia An English-Indonesia
Dictionary. Jakarta: PT. Gramedia.
Muslich, Masnur.2010.Text Book Writing, Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 24 Tahun 2016
Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi. Jakarta: Mendikbud.
Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Sunarti, Selly Rahmawati, dan Setia Wardani. 2016. “Pengembangan Game Petualangan
“Si Bolang” Sebagai Media Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi
Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar FKIP Universitas PGRI
Yogyakatra” Jurnal Cakrawala Pendidikan Februari Th. XXXV, No. 1. Diunduh pada
Juli pada pukul 20.00.
Zuchdi, Darmiyati dan Rukiyati. 2016. Buku Filsafat Ilmu. Yogyakarta: UNY Press.
Zuchdi, Darmiyati dan Wiwiek Afifah. 2019. Analisis Konten, Etnografi & Grounded
Theoory, Dan Hermeneutika Dalam Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Filsafat Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Filsafat Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.