FILSAFAT HERMENEUTIKA: PERGULATAN ANTARA PERSPEKTIF PENULIS DAN PEMBACA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.26007

Keywords:

hermeneutik, pembaca, penulis.

Abstract

Hermes merupakan seorang dewa Yunani yang bertugas mengantar pesan dari dewa lainnya. Setidaknya ada dua pengertian dari tugasnya, yaitu: Hermes mesti menyampaikan pesan dewa kepada audiens yang mungkin tidak mengerti bahasa dan isyarat dewa, sehingga Hermes berusaha untuk menjelaskan pesan itu dengan kemampuan pengertian audiensnya; dan Hermes mesti menyampaikan maksud dewa secara original. Ketika seorang membaca suatu teks, ketegangan antara dua tugas Hermes itu terjadi, yaitu  antara “maksud penulis teks” atau “penafsiran dari pembaca”. Artikel ini menawarkan metode hermeneutika Rudolf Bultmann dan Martin Heidegger untuk menyatakan bahwa hermeneutika teks dan pembaca senantiasa bersinggungan satu dengan yang lain dalam proses menafsir.

References

Atho’, Nafisul dan Fahrudin, Arif. 2003. Hermeneutika transendental: Dari konfigurasi filosofis menuju praksis Islamic Studies. Yogyakarta: IRCiSoD.

Barton, John. 2007. The nature of biblical criticism. 1st ed. Louisville: Westminster John Knox Press.

Brueggemann, Walter. 2012. Theology of the Old Testament: Testimony, Dispute, Advocacy. Fortress Press.

Hardiman, F. Budi. 2015. Seni Memahami: Hermeneutik dari Schleiermacher sampai Derrida. Yogyakarta: Kanisius.

Mariña, Jacqueline, ed. 2005. The Cambridge companion to Friedrich Schleiermacher. Cambridge companions to religion. Cambridge, UK ; New York: Cambridge University Press.

Mueller-Vollmer, Kurt, ed. 1985. The Hermeneutics Reader: Texts of the German Tradition from the Enlightenment to the Present. New York: Continuum.

Palmer, Richard E. 1972. Hermeneutics: interpretation theory in Schleiermacher, Dilthey, Heidegger, and Gadamer. 2. pr. Studies in phenomenology & existential philosophy. Evanston: Northwestern Univ. Pr.

Setiawidi, Agustinus. 2014. Siapakah yang akan Menjembatani Jurang itu? Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Vanhoozer, Kevin J. 2010. Remythologizing Theology: Divine Action, Passion, and Authorship. Cambridge, UK; New York: Cambridge University Press. http://public.eblib.com/choice/publicfullrecord.aspx?p=502536.

Downloads

Published

2020-09-26

Issue

Section

Articles