Landasan Ontologis Pengembangan Antropologi Pancasila

Authors

  • Surono Surono
  • Rr. Siti Murtiningsih
  • Heri Santoso

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v4i3.28206

Keywords:

antropologi pancasila, kepancasilaan, filsafat ilmu, keindonesiaan, ontologis

Abstract

Antropologi Pancasila adalah salah satu upaya penulis untuk melakukan pengembangan pemikiran dan produksi pegetahuan terhadap Antropologi dan Pancasila khususnya. Salah satu alasan dilakukannya upaya ini adalah mengingat kajian pengembangan keilmuan ranah filosofis , khususnya ilmu sosial humaniora, dewasa ini stagnan. Hasil akhir dari kajian ini adalah sebuah konsep ilmu yang mengkaji manusia dari sudut pandang orang Indonesia. Hal ini sekaligus untuk mengimbangi antropologi yang berkembang saat ini yang mengkaji manusia dari sudut pandang orang asing. Secara singkat, ilmu antropologi yang bercorak ke Indonesiaan. Berdasarkan hasil kajian maka diperoleh hasil bahwa Antropologi Pancasila adalah bahwa kajian manusia yang menekankan pada upaya bersama menuju pengabdian pada Tuhan. Sehingga hasil kajian dari Antropologi Pancasila adalah bagaimana manusia di dunia ini melakukan berbagai upaya secara bersama-sama menemukan Tuhannya. Tentunya masing masing manusia maupun memiliki caranya masing-masing dalam “mencapai” Allahnya. Hal ini sesuai dengan hakekat manusia yang homo socius dan religius.

References

Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 2008. Paradigma dan Revolusi Ilmu dalam Antropologi Budaya. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar pada Fakultasi Ilmu Budaya. Universitas Gadjah Mada.

Bakker, Anton. 2000. Antropologi Metafisik. Yogyakarta. Kanisius.

Bakry, Noor MS., 1994, Orientasi Filsafat Pancasila, Liberty, Yogyakarta.

Budisutrisno, 2006. “Teiru Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu”. Jurnal Filsafat Vol 19 No. April 2006: 57 – 76

Haviland, William A, 1999, Antopologi, Jilid 1, Alih Bahasa: R.G. Soekadijo, Erlangga . Jakarta

Koentjaraningrat. 1981. Pengantar Ilmu Antropologi. Bandung: Rineka Cipta.

Mubyarto. 1997. Ekonomi Pancasila Lintasan Pemikiran Mubyarto. Aditya Media. Yogyakarta

Mudhofir, Ali. 1996. “Pancasila Sebagai Sistem Kefilsafatan” Jurnal Filsafat. Desember.1996.

Mustansyir, Rizal., Heri Santoso dan Surono. 2018. Bunga Rampai Rekonstruksi Ilmu Kepancasilaan dalam Ranah Akademis. Pusat Studi Pancasila UGM. Yogyakarta

Notonagoro, 1951. Pantjasila Dasar Filsafat Negara Republik Indonesia. Unversitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Notonagoro, 1975. Pancasila Secara Ilmiah Populer. Pantjuran Tujuh. Jakarta

Oesman, Oetojo dan Alfian (penyunting). 1991. Pancasila Sebagai Ideologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara. BP-7. Jakarta.

Pranarka, A.M.W., 1985, Sejarah Pemikiran tentang Pancasila, CSIS, Jakarta

Prawirohardjo, Soeroso H., Anton Bakker, dan Slamet Soetrisno (ed.). 1986. Pancasila Sebagai Orientasi Pengembangan Ilmu. Badan Penerbit Kedaulatan Rakyat. Yogyakarta.

Santoso, Heri., 1999, Konsep Pribumisasi Ilmu Sosial di Indonesia Abad XX. Thesis. Program Pascasarjana Fakulstas Filsafat Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Santoso, Heri., Rizal Mustansyir, Sindung Tjahyadi, dan Surono., 2016. Bunga Rampai: Pengembangan Ilmu Kepancasilaan di Indonesia. Pusat Studi Pancasila UGM. Yogyakarta

Downloads

Published

2021-11-01

Issue

Section

Articles