MODERNISASI SAINS MENUJU PSIKOLOGI: STUDI ATAS PENGARUH PEMIKIRAN RENE DESCARTES (1596-1650) TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v4i1.30356

Keywords:

Rene Descartes, psikologi, hubungan tubuh-pikiran.

Abstract

Psikologi ilmiah dewasa ini cenderung bersifat positivistik. Dominasi kaum behavioris pada beberapa dekade dalam fase perkembangan psikologi telah mereduksi makna disiplin ini. Psikologi seakan mengalami perubahan arah dalam perkembangannya. Oleh karena itu, diperlukan sebuah kajian untuk memahami hakekat psikologi. Langkah yang dapat ditempuh ialah dengan melacak kembali persoalan pokok dalam psikologi. Salah satu persoalan utama dalam psikologi adalah hubungan antara perilaku dan keadaan mental yang dalam sejarah pemikiran dicetuskan oleh Rene Descartes (1596-1650). Ia dipandang sebagai pionir sains modern karena meletakkan dasar-dasar penyelidikan ilmiah yang pada gilirannya berpengaruh dalam pengembangan psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap latar belakang historis psikologi dalam pemikiran Rene Descartes. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan menggunakan metode analisis hermeneutik kefilsafatan. Penelitian dilakukan dengan melacak kembali pemikiran Rene Descartes pada abad ke-17 M. Data berupa pemikiran Descates kemudian dianalisis melalui pemahaman secara kontekstual terhadap karakteristik psikologi saat ini. Hasil penelitian ini menemukan unsur-unsur pemikiran Rene Descartes yang berpengaruh dalam perkembangan psikologi antara lain konsep hubungan tubuh-pikiran, prinsip mekanisme dalam teori ’animal machine’, dan fungsi-fungsi mental dalam diri manusia. Hal itu membuktikan bahwa kajian psikologi tidak melulu terbatas hanya pada perilaku manusia yang dapat diamati melalui observasi tetapi juga wilayah proses mental.  

 

Author Biography

Abdul Rokhmat Sairah, Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada

Abdul Rokhmat Sairah lahir di Ujung Pandang, 16 Januari 1985. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana di fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada pada tahun 2006. Ia kemudian melanjutkan studi pasca sarjana di fakultas yang sama pada tahun 2008 dan menyelesaikannya pada tahun 2010 dan kemudian sejak 2010 mengabdi pada almamater sebagai tenaga pengajar dan peneliti. Ia melanjutkan studi doktoral di fakultas yang sama pada tahun 2016 dan menyelesaikannya pada tahun 2020.

References

Adian, D.G. and Lubis, A.Y., 2011. Pengantar Filsafat Ilmu Pengetahuan: Dari David Hume sampai Thomas Kuhn. Jakarta: Penerbit Koekoesan.

Clarke, D.M., 2006. Descartes: A Biography. Cambridge: Cambridge University Press.

Copleston, F. 1971. A History of Philosophy Volume IV Descartes to Leibniz. London: Searh Press.

Descartes, Rene, 1984, Philosophical Writings of Descartes, vol. 2, trans. J. Cottingham, R. Stoothoff, and D. Murdoch,Cambridge: Cambridge University Press. (Includes the Meditations with Objections and Replies, originally published in 1641).

------------, 1985, Philosophical Writings of Descartes, vol. 1, trans. J. Cottingham, R. Stoothoff, and D. Murdoch, Cambridge: Cambridge University Press. (Contains the Rules, Discourse, Passions, and selections from the Principles, Dioptrics, and other scientific works.)

------------, 1991, Philosophical Writings of Descartes, vol. 3: The Correspondence, trans. J. Cottingham, R. Stoothoff, D. Murdoch, and A. Kenny, Cambridge: Cambridge University Press.

Hatfield, G. 2009. “Rationalist Roots of Modern Psychology”. Dalam Symons, J., Palco, C. The Routledge Companion To The Philosophy of Psychology. New York: Routledge.

Jahja, Y., 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Kencana.

Kaelan, 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat, Yogyakarta: Penerbit Paradigma.

Lapointe, Francois H. (1972) “Who Originated The Term ‘Psychology’?” Journal of the History of the Behavioral Sciences 8: 328–35.

Muslih, M., 2004. Filsafat Ilmu; Kajian atas Asumsi Dasar, Paradigma, dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: LESFI.

Ramsperger, A. G. 1961. “Early Modern Rationalism” dalam A History of Philosophycal System. Ferm, V (Ed.). New Jersey: Littlefield Adams and C. petterson.

Raymond, M. 2009. “Empiricist Roots of Modern Psychology”. Dalam Symons, J., Palco, C. The Routledge Companion To The Philosophy of Psychology. New York: Routledge.

Russel, B. 2002. History of western hilosophy and its Connection With Political and Social Circumstances from The earliest Times to The Present Day. Kamdani (Ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Schultz, Duanel P., Sydney Ellen Schultz. 2014, Sejarah Psikologi Modern. Terj: Lita Hardian. Bandung: Nusa Media.

Van Melsen, A.G.M. and Nugroho, A.A., 1982. Ilmu Pengetahuan dan Tanggung Jawab Kita. Terjemahan: K. Bartens, Jakarta: Penerbit Gramedia.

Weiten, W., 2017. Psychology: Themes and Variations. Boston: Cengage Learning.

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles