Kontribusi Filsafat Moral dalam Meningkatkan Karakter Kinerja pada Masyarakat Produktif
DOI:
https://doi.org/10.23887/jfi.v5i1.42290Keywords:
Filsafat, Moral, Karakter Kinerja.Abstract
Dengan befikir filsafat, kita dapat mengatasi kerumitan hidup. Hal ini dapat terjadi karena dengan memahami apa itu filsafat, maka kita dapat menggunakannya atau menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tidak mengarah kepada jalur yang tidak pernah diharapkan sebelumnya. Beragam permasalahan bisa selesai dengan sendirinya, jika setiap orang Indonesia mau berfilsafat, yakni menjadikan filsafat sebagai jalan hidup, terlepas dari profesi sehari-hari mereka. Pengetahuan itu digunakan untuk menyempurnakan kehidupannya, termasuk dalam hal ini karakter kinerjanya. Sebab konsekuensi dari pandangan filsafat itu sangat penting dan menentukan sikap orang terhadap dirinya sendiri, terhadap orang lain, dunia, dan Tuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana filsafat moral dapat diaplikasikan dalam membentuk karakter kinerja di masyarakat usia produktif. Hasil dari penelitian adalah gejala-gejala kelemahkarsaan seorang individu dapat diminimalisir bahkan dihilangkan apabila seorang individu dapat memposisikan diri sebagai filsuf moral yang mampu menemukan jawaban-jawaban atas nilai keyakinan bagi karakter diri maupun kehidupannya. Pola semacam ini akan sangat berguna bagi kualitas kehidupan seorang individu di masa yang sedang dijalani maupun di masa depan, hal tersebut dikarenakan konstruksi berpikir filsafat dapat meredam gejolak-gejolak negatif di tengah-tengah kehidupan yang selalu bergerak dinamis dan fluktuatif.
References
Aslikhah. (2017). Investasi dalam Perspektif Ekonomi Syariah Kontemporer. Malia: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2).
Asyafah, A. (2009). Proses Kehidupan Manusia dan Nilai Eksistensinya. Bandung: Alfabeta.
Budimansyah, D. (2012). Perancangan Pembelajaran Berbasis Karakter. Bandung: Widya Aksara Press.
Ibrahim, D. (2017). Filsafat Ilmu; Dari Penumpang Asing untuk Para Tamu. Palembang: NoerFikri Offset.
Ismira, Ahman, Supriatna, M., & Jendriadi. (2019). Telaah Profil Karakter Kinerja Sebagai Upaya Pengembangan Kesuksesan Karir Mahasiswa. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 7(1).
Jalil, M. (2019). Sinergitas Filsafat dan Agama Bagi Masyarakat Di Era Kontemporer. Ath-Thariq, 3(2), 1–16.
Khotimah, E. (2001). Masyarakat Indonesia dalam Perspektif Teori Adab-Karsa (Suatu Studi pada Budaya Baca-Tulis Masyarakat Islam Indonesia di Era Globalisasi). Mimbar, 17(4), 450–466.
Munir, M. I. Al. (2004). Tinjauan terhadap Metode Empirisme dan Rasionalisme. Jurnal Filsafat, 38(3), 234–245.
Munir, M. (2012). Ide-Ide Pokok dalam Filsafat Sejarah. Jurnal Filsafat, 3(22), 273–299.
Pualillin, J. R. (2008). Peran Ilmu Filsafat dalam Kehidupan Menurut Pandangan Pragmatisme. Jurnal Pamong Praja, 10(1).
Rosnawati, Syukri, A., Badarussyamsi, & Rizki, A. F. (2021). Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya bagi Manusia. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2).
Salahuddin, M., & Asroriyah, F. (2019). Kecakapan Berpikir Dalam Konteks Pendekatan Pembelajaran Pada Kurikulum Sekolah Di Indonesia. Jurnal al-Adabiya, 14(1).
Soewardi, H. (1998). Penelitian dan Pendidikan Untuk Memperkokoh Iman dan Taqwa. Mimbar Pendidikan, 17(4).
Soewardi, H. (2000). Roda Berputar, Dunia Bergulir, Kognisi Baru Tentang Timbul-Tenggelamnya Sivilisasi. Bandung: Bakti Mandiri.
Solihin. (2007). Perkembangan Pemikiran Filsafat dari Klasik hingga Modern. Bandung: Pustaka Setia.
Subekti, I., Syukri, A., Badarussyamsi, & Rizki, A. F. (2021). Kontribusi Filsafat Ilmu dalam Penelitian Ilmiah dan Kehidupan Sosial. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 2021.
Suseno, F. M. (1987). Etika Dasar - Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius.
Wattimena, R. A. A. (2016). Pendidikan Filsafat untuk Anak? Pendasaran, Penerapan dan Refleksi Kritis untuk Konteks Indonesia. Jurnal Filsafat, 26(2).
Wijaya, C. A. (1994). Filsafat, Makna Hidup, dan Masa Depan. Jurnal Filsafat, 18, 1–5.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Filsafat Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.