Konsep Nasionalisme Michael Sastrapratedja: Sebuah Tinjauan Filsafat Pancasila dalam Rangka Pengembangan Karakter Bangsa

Authors

  • Agus Arianto Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v6i3.44482

Keywords:

Pancasila, transformasi budaya, globalisasi, nasionalisme

Abstract

Penelitian ini berangkat dari persoalan kebangsaan di Indonesia, salah satunya adalah tension antara budaya lokal dengan budaya global, yang mengakibatkan berubahnya opini generasi muda terhadap pentingnya nasionalisme. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau ulang konsep nasionalisme Michael Sastrapratedja guna memberikan solusi terkait persoalan kebangsaan yang ada di Indonesia, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran nasionalisme dan sikap kritis masyarakat Indonesia dalam melihat peluang dan ancaman globalisasi terhadap keutuhan Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode hermeneutika filosofis dengan model pendekatan historis-faktual tokoh. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa nasionalisme Michael Sastrapratedja lebih fokus pada internasionalisme humanis dengan menekankan pada keseimbangan antara budaya lokal dan budaya global. Globalisasi bukanlah sebuah ancaman, sebaliknya globalisasi merupakan sebuah kesempatan untuk melakukan transformasi budaya. Nasionalisme dengan pendekatan Pancasila menjadi pedoman utama terkait menentukan sikap kritis dalam kancah global. Nasionalisme Michael Sastrapratedja berbentuk kritis-progresif visioner yang melihat tujuan nasionalisme sebagai sebuah transformasi positif.

Author Biography

Agus Arianto, Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada

Filsafat Barat, Nusantara

References

Acemoglu, Daron, & Robinson, James A. 2012. Why Nations Fail; The Origins of Power, Prosperity and Poverty. New York: Crown Publishing Group.

Anaid, Anwar. 2014. Globalist Nationalism: A Theoretical Approach to The Nature of Nationalism in The Modern Global Political Economy. Dalam European Scientific Journal (Vol. 10, Nomor 16). European Scientific Institute.

Bakker, Anton, & Zubair, Achmad Charris. 1990. Metodolgi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Bakry, Ms., Noor. 2001. Orientasi Filasafat Pancasila. Yogyakarta: Liberty.

Burlian, Poisol. 2021. Pemikiran Soekarno dalam Perumusan Pancasila. Dalam Jurnal Hukum Doctrinal (Vol. 6, Nomor 1). Universitas Muhammadiyah Palembang.

Driyarkara, N., 2006. Karya Lengkap Driyarkara: Esai-esai Filsafat Pemikir yang Terlibat Penuh dalam Perjuangan Bangsanya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Effendi, Tadjuddin Noer. 2013. Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Pembahasan Sosial Saat Ini. Dalam Jurnal Pemikiran Sosiologi (Vol. 2, Nomor 1). Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Faturochman, & Kusumawardani, Anggraeni. 2004 Nasionalisme. Dalam Buletin Psikologi (Vol. 12, Nomor 2). Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Kaelan. 2002. Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Kirom, Syahrul. (2011). Filsafat Ilmu dan Arah Pengembangan Pancasila: Relevansinya dalam Mengatasi Persoalan Kebangsaan. Dalam Jurnal Filsafat (Vol. 21, Nomor 2). Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Kohn, Hans. 1980. The Idea of Nationalism: A Study in Its Origins and Background. New York: Macmillan.

Latif, Yudi. 2011. Negara Paripurna Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas

Pancasila. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Latif, Yudi. 2014. Air Mata Keteladanan Pancasila dalam Perbuatan. Jakarta: Mizan.

Latif, Yudi. 2015. Revolusi Pancasila. Bandung: Mizan.

Notonagoro. 1980. Pancasila Secara Ilmiah Populer. Jakarta: Pantjuran Tudjuh.

Perry, Marvin. Tanpa Tahun. Peradaban Barat dari Revolusi Prancis hingga Zaman Global. Terjemahkan oleh Saut Pasaribu. 2013. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Sastrapratedja, M. 2001. Pancasila Sebagai Visi dan Referensi Kritik Sosial. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sastrapratedja, M. 2013. Lima Gagasan yang Dapat Mengubah Indonesia. Jakarta: Pusat Kajian Filsafat dan Pancasila.

Siswanto, Joko. 2015. Pancasila (Refleksi Komprehensif Hal-Ihwal Pancasila). Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.

Sugita, I Wayan. 2018. Pendidikan Budaya dan Karakter. Dalam Jurnal Institut Hindu Dharma Negeri (Vol. 5, Nomor 2). Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

Suryatni, Luh. 2016. Filsafat Pancasila dan Filsafat Hukum sebagai Dasar Rule of Moral. Dalam Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara (Vol. 6, Nomor 2). Universitas Suryadarma Jakarta.

Yusuf, Himyari. 2015. Kebudayaan Nasional dan Ketahanan Bangsa Meneropong Jiwa Nasionalisme Masyarakat Kontemporer. Dalam Jurnal Tapis (Vol. 11, Nomor 2). UIN Raden Intan Lampung.

Published

2023-09-25

Issue

Section

Articles