Mekanika Newtonian dan Signifikansi Filosofisnya
DOI:
https://doi.org/10.23887/jfi.v6i2.53649Keywords:
Aksiolog, Epistemologi, Mekanika newtonian, Ontologi, SignifikansiAbstract
Mekanika Newtonian telah memotivasi berbagai ide dan penerapan sains khususnya tentang gaya, massa, gerak, dan energi pada fenomena gerak benda dan penyebabnya. Hukum Newton tentang gerak selama ini diakui sebagai salah satu pengetahuan ilmiah yang empirik dan kokoh menjelaskan berbagai fenomena alam khususnya tentang gerak. Namun demikian, perlu dilakukan kajian terkait signifikansi filosofis teori mekanika Newtonian. Artikel ini bertujuan menganalisis konsep mekanika Newtonian dalam filsafat ilmu dan signifikansinya (aspek ontologi, epistemologi dan aksiologinya). Artikel ini disusun melalui studi literatur dengan metode critical literature review menggunakan lima tahapan, yaitu menentukan topik, menentukan kriteria inklusi dan eksklusi, melakukan pencarian literatur, mengevaluasi literatur yang ditemukan, dan menulis laporan hasil studi. Berdasarkan hasil analisis literatur, disimpulkan bahwa sejarah perkembangan teori Mekanika Newtonian merupakan bagian dari perkembangan mekanika klasik hingga mekanika modern. Teori Mekanika Newtonian atau juga dikenal sebagai Hukum Newton tentang gerak diperkenalkan dan berkembang pada era Periode Awal Sains (1550–1800 M). Mekanika Newtonian dalam tinjauan ontologi merupakan pemikiran yang panjang mengenai konsep gerak benda dan membahas mengenai gaya yang bekerja pada benda. Secara epistemologis, teori Mekanika Newtonian tidak semata-mata bersumber dari gagasan Isaac Newton, melainkan merupakan hasil usaha kolektif sekelompok ilmuwan yang mengkaji dan mendalami fenomena gerak alam. Dari perspektif aksiologis, Mekanika Newton menawarkan berbagai keuntungan praktis dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki arti penting, khususnya dalam bidang pendidikan fisika, khususnya mekanika. Ini melampaui sekadar eksplorasi fakta, prinsip, atau hukum karena mencakup nilai-nilai moral yang dapat ditanamkan kepada peserta didik sebagai alternatif pendekatan pendidikan karakter.
References
Chetwynd, E. (2022). Critical Analysis of Reliability and Validity in Literature Reviews. Journal of Human Lactation, 38(3), 392-396.
Damanik, A. (2022). Pendidikan Sebagai Pembentukan Watak Bangsa: Sebuah Refleksi Konseptual-Kritis dari Sudut Pandang Fisika. Sanata Dharma University Press.
Efendi, N., & Sartika, S. B. (2021). Buku Ajar Filsafat Sains. Umsida Press.
Elmarakbi, A., Elkady, M., & El-Hage, H. (2013). Development of a New Crash/Dynamics Control Integrated Mathematical Model for Crashworthiness Enhancement of Vehicle Structures. International Journal of Crashworthiness, 18(5), 444-458.
Firman, H. (2019). Pengantar Filsafat Ilmu Pengetahuan Alam. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Gumati, R. W. (2019). Filsafat Ilmu: Berdasarkan Kurikulum Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). CV Cendekia Press.
Haris, A. (2022). Filsafat Ilmu. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Ibrahim, M. (2014). Inovasi Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional “Sains dan Inovasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal” 22 November IKIP Mataram.
Katsikadelis, J. T. (2018). Derivation of Newton’s Law of Motion from Kepler’s Laws of Planetary Motion. Archive of Applied Mechanics, 88(1), 27-38.
Kibble, T., & Berkshire, F. H. (2004). Classical mechanics. World Scientific Publishing Company.
Knox, E., & Wilson, A. (Eds.). (2022). The Routledge Companion to Philosophy of Physics. Routledge.
Koyré, A. (2013). The Astronomical Revolution: Copernicus-Kepler-Borelli. Routledge.
Lestari, A. (2020). Implikasi Nilai-Nilai Ekologis dalam Teori Kosmologi Ikhwan Al-Safa' (Master's thesis, Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Marzuki, I., Johra, S. P., Arwansyah, S. T., Asrudin, S. T., ST Zaenal, I., ST Harimuswarah, M. R. & ST Hadi, A. (2021). Filsafat Ilmu di Era Milenial. Fakultas Teknik UNIFA.
Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 72-80.
Morin, D. (2008). Introduction to Classical Mechanics: With Problems and Solutions. Cambridge University Press.
Newton, I. (1729; 1999). The Principia: Mathematical Principles of Natural Philosophy. Univ of California Press.
Paré, G., & Kitsiou, S. (2017). Methods for Literature reviews. In Handbook of eHealth Evaluation: An Evidence-Based Approach [Internet]. University of Victoria.
Pfister, H., & King, M. (2015). Inertia and Gravitation: The Fundamental Nature and Structure of Space-Time (Vol. 897). Springer.
Rickles, D. (2016). The Philosophy of Physics. John Wiley & Sons.
Rofiq, M. N. (2018). Peranan Filsafat Ilmu bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 161-175.
Saputra, M. R. A., & Budianto, H. (2022). Teori dan Praktik Menyusun Karya Ilmiah: Bahan Ajar MA Riset. Nizamia Learning Center.
Satriawan, M. (2018). Kajian Aksiologi: Elaborasi Nilai-Nilai Moral dalam Konsep Mekanika Sebagai Upaya untuk Membentuk Generasi Emas yang Berkarater. https://osf.io/jkuzt.
Samaroo, R. (2018). There is No Conspiracy of Inertia. British Journal for the Philosophy of Science, 69, 957-82.
Samaroo, R. (2019). Newtonian Mechanics and its Philosophical Significance. http://philsci-archive.pitt.edu/id/eprint/16521.
Samaroo, R. (2021). Newtonian Mechanics. In The Routledge Companion to Philosophy of Physics (pp. 8-20). Routledge.
Saxena, S., & Bedoya, I. D. (2013). Fundamental Phenomena Affecting Low Temperature Combustion and HCCI Engines, High Load Limits and Strategies for Extending These Limits. Progress in Energy and Combustion Science, 39(5), 457-488.
Serway, R. A., & Jewett, J. W. (2018). Physics for Scientists and Engineers. Cengage learning.
Snyder, H. (2019). Literature Review as a Research Methodology: An Overview and Guidelines. Journal of Business Research, 104, 333-339.
Stan, M. (2009). Kant's Theory of Motion: Metaphysical foundations of Leibnizian science. The Johns Hopkins University.
Sujito, S., Sunardi, S., & Hartini, S. (2019). Paradigma Teori Atom Lintas Waktu. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(1), 42-51.
Sullivan, J. W. N. (2018). Limitations of Science. Read Books Ltd.
Suriasumantri, J. S. (2009). Filsafat Ilmu Sebagai Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan.
Susanto, A. (2021). Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Bumi Aksara.
Truesdell, C., & Benvenuto, E. (2003). Essays on the History of Mechanics: In Memory of Clifford Ambrose Truesdell and Edoardo Benvenuto. Springer Science & Business Media.
Utami, L. S., PFis, M., Sabaryati, J., PFis, M., & Zulkarnain, M. S. (2022). Sejarah Fisika. Ahlimedia Book.
Vilmala, B. K. (2020). Revolusi Saintifik dalam Perkembangan Mekanika. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(1), 1-7.
Will, C. M. (2018). Theory and experiment in gravitational physics. Cambridge university press.
Wonorahardjo, S. (2020). Dasar Sains-Sadar Sains: Membangun Masyarakat Sadar Sains. Penerbit Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Filsafat Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Filsafat Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.