The Concept of Educational Philosophy of Humanism Perspective in the Free Learning Curriculum and the Independent Campus (MBKM)

Authors

  • Atika Cahya Fajriyati Nahdiyah UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
  • Sigit Prasetyo Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Nidya Ferry Wulandari Program Studi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Ach Chairy Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam (IAI) Agus Salim Metro Lampung, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v6i2.56092

Keywords:

education concept, philosophy of humanism, MBKM curriculum

Abstract

Fokus utama pada penelitian ini ialah terkait pengkajian Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) dari perspektif filosofi pendidikan humanistik. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer berupa Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka 2020 dari Kemendikbud, sedangkan sumber data sekunder diambil dari beberapa literatur meliputi catatan, buku, artikel, jurnal, dan referensi literatur ilmiah lainnya. Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) dapat dilihat dan dianalisis menggunakan aliran humanisme. Humanisme adalah aliran filsafat pendidikan yang menekankan pada proses kognitif dan afektif dalam suatu proses pembelajaran. Teori humanisme menggabungkan kemampuan beserta peluang manusia agar mereka dapat secara mandiri memilih dan mengatur kehidupannya. Pembelajaran yang berkualitas dan pembelajaran yang bermakna dapat dicapai melalui penerapan prinsip-prinsip pembelajaran humanistik, yaitu belajar (learning), belajar mandiri, motivasi diri, mood building dan pendidikan afektif.

References

Alqhoswatu, T. M. (2020). Konsep Belajar Menurut Teori Humanistik (Memanusiakan Manusia). Jurnal Al-Fikrah, 2507(1), 1–9. http://www.jurnal.stit-almuslihuun.ac.id.

Bagir, H. (2019). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia : Meluruskan Kembali Falsafah Pendidikan Kita. Mizan Pustaka.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2021). Esensialisme dan Perspektifnya terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Literasi, XII(2), 107–114. http://staffnew.uny.

Dirjen Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan MBKM. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Farida, N. (2021). Fungsi dan Aplikasi Motivasi dalam Pembelajaran. Education and Learning Journal, 2(2), 118. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.121

Kristiawan, M. (2016). Filsafat Pendidikan the Choice Is Yours (L. Hendri & Juharmen, eds.). Penerbit Valia Pustaka Jogjakarta.

Kuncoro, J., Handayani, A., Suprihatin, T., Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. (2022). Peningkatan Soft Skill Melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ). Proyeksi, 17(1), 112–126.

Lubaba, H. (2020). Merdeka dalam Berpikir. Bumi Aksara.

Mualim, K. (2017). Gagasan Pemikiran Humanistik dalam Pendidikan (Perbandingan Pemikiran Naquib Al-Attas dengan Paulo Freire). Al-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 13(3), 1576–1580. https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.680

Nasution, A. G. J. (2020). Diskursus Merdeka Belajar Perspektif Pendidikan Humanisme. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UIN Sumatera Utara Medan AL ARABIYAH, 6, 1.

Natasya, V. L., Paulina W., Bonaraja P., Ismail M., Diah, P. N. B., Moh Y. E., Masrul, Sahri, Madya A., Ifit N. S., Sri G., Nur A. N., Erni R. B., Bona P.,& A. F. A. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi: Sebuah Konsep, Fakta dan Gagasan. Yayasan Kita Menulis.

Perni, N. N. (2019). Penerapan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 105. https://doi.org/10.25078/aw.v3i2.889

Qodri, A. (2017). Teori Belajar Humanistik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(02), 188–202. https://ejournal.unuja.ac.id.

Rahmatia, S. R. D. (2022). Konsep Pendidikan Humanisme dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rashid, 7(1), 1–9. Retrieved from https://www.journal.staisyarifmuhammad.ac.id.

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036

Solichin, M. M. (2018). Teori Belajar Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan Agama Islam: Telaah Materi dan Metode Pembelajaran. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.19105/islamuna.v5i1.1856

Sukardjo, M., & Komarudin, U. (2015). Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya (Cetakan ke). Depok: Rajawali Pers. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1295284.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 13–28. https://ejournal.unib.ac.id.

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Suteja, J. (2020). Kampus Merdeka : Merdeka Belajar. https://www.researchgate.net.

Uswatiyah, W. (2021). Implikasi Kebijakan Kampus Merdeka Belajar terhadap Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian Pendidikan. Jurnal Dirosah Islamiyah. 3, 27–40. https://doi.org/10.17467/jdi.v3i1.299

Wardhana, I. P., S, L. A., & Pratiwi, V. U. (2020). Konsep Pendidikan Taman Siswa sebagai

Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 232–242.

Wattimena, R. A. (2012). Kemerdekaan Pikiran. Rajawali Pers.

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles