Media Sosial dan Orientasi Diri Generasi Muda Indonesia Ditinjau dari Pemikiran Yuval Noah Harari
Social Media and Self-Orientation of Indonesia's Young Generation Viewed from Yuval Noah Harari's Thoughts
DOI:
https://doi.org/10.23887/jfi.v7i1.67571Keywords:
media sosial, orientasi diri, generasi muda, Indonesia, pemikiran Yuval Noah HarariAbstract
Media sosial menyebabkan generasi muda mengalami disorientasi diri. Mereka tidak lagi sungguh-sungguh mengenal kemauan mereka sendiri dan tidak bisa menentukan pilihan yang tepat untuk diri mereka sendiri. Kemauan dan pilihan mereka bergantung pada trend yang sedang berkembang atau bergantung pada like dan review orang lain di media sosial. Akibatnya, media sosial yang menentukan apa yang mereka mau dan apa yang mereka pilih. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan proses media sosial memengaruhi orientasi diri generasi muda Indonesia ditinjau dari pemikiran Yuval Noah Harari. Metode yang dipakai dalam studi ini adalah metode kualitatif dengan sumber datanya diperoleh melalui kajian literatur. Literatur yang dipakai adalah buku-buku karya Yuval Noah Harari, artikel-artikel jurnal yang berhubungan dengan media sosial, generasi muda dan pemikiran Yuval Noah Harari. Semua literatur yang diperoleh, dibaca dan dianalisis dalam terang pemikiran Yuval Noah Harari. Studi ini menyatakan bahwa algoritma media sosial sebenarnya sedang meretas otoritas diri generasi muda Indonesia. Algoritma media sosial merebut kendali atas diri generasi muda Indonesia setelah mereka mengenal secara mendalam hasrat dan keinginan generasi muda itu sendiri. Pengenalan yang mendalam itu terjadi karena tingginya intensitas generasi muda Indonesia dalam menggunakan media sosial. Namun studi ini masih terlalu umum membahas generasi muda di Indonesia. Alangkah lebih baik jika studi selanjutnya mengkaji generasi muda dengan kategorisasi tertentu, seperti rentang usia atau kelompok pelajar. Ruang lingkup wilayah juga dibatasi.
References
Apjii.or.id. (2023, Maret 10). “Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang” . Retrieved from www.apjii.or.id: https://www.apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang.
Arianto, B. (2021). Dampak Media Sosial bagi Perubahan Perilaku Generasi Muda di Masa Pandemi Covid 19. Journal of Social Politics and Governance, 118-132.
Cnbcindonesia.com. (2021). “Ini alasan Facebook Resmi Ganti Nama jadi Meta”. Retrieved from www.cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20211029095540-37-287461/ini-alasan-facebook-resmi-ganti-nama-jadi-meta/amp
Databoks.katadata.co.id. (2023). “Jumlah pengguna internet global tembus 5,16 miliar pada tahun 2023”. Retrieved from www.databoks.katadata.co.id: https://www.databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/03/jumlah-pengguna-internet-global-tembus-516-miliar-orang-pada-januari-2023.
Dataindonesia.id. (2023). “Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023”. Retrieved from www.dataindonesia.id: https://www.dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023.
Goodstats.id. (2023). “Daftar Platform yang Paling Banyak Digunakan 2023, Facebook Juaranya”. Retrieved from www.goodstats.id: https://www.goodstats.id/article/dafta-platform-media-sosial-yang-paling-banyak-digunakan-2023-facebook-juaranya-BHY8q,
Harari, Y. N. (2018). 21 Adab untuk Abad ke 21 Penerj.Haz Algebra. Manado: CV. Global Indo Kreatif.
Harari, Y. N. (2018). Homo Deus; Masa Depan Umat Manusia Penerj. Yanto Musthofa. . Jakarta: Pustaka Alvabet.
Harari, Y. N. (2021). Sapiens; Riwayat Singkat Umat Manusia Cet. 21 Penerj. Damaring Tyas Wulandari Palar. . Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Indonesiabaik.id. (2019). Pengguna Media Sosial di Indonesia. Retrieved from www.Indonesiabaik.id: https://indonesiabaik.id/infografis/pengguna-media-sosial-di-indonesia-19.
inet.detik.com. (2023, April 30). Jumlah Pengguna Internet RI Tembus 212,9 Juta di Awal tahun 2023. Retrieved from www.inet.detik.com: https://www.inet.detik.com>jumlah>pengguna>internet>Ri>tembus>212,9>juta>di>awal>tahun>2023.
Irwansyah, D. R. (2020). “Literasi Media Sosial: Kesadaran Keamanan dan Privasi dalam Perspektif Generasi Milenial” . Jurnal Penelitian dan Komunikasi Opini Publik Vol 24 no. 1, 1-15.
Khoir, A. U. ( 2022). , “Pemikiran Yuval Noah Harari terhadap Ekonomi Uang dan Ekonomi Agama”. Jurnal Adila: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 5 No.2, 1-15.
Kominfo Kota Bogor. (2020). Mari Bijak Menggunakan Media Sosial. Retrieved from WWW. Kominfo.kotabogor.go.id: https://kominfo.kotabogor.go.id/index.php/post/single/737#:~:text=Dn%20Pada%20tahun%202022%2C%20sosial%20terbesar%20di%20dunia
Mitha Mayestika Kuen, H. C. (2022). Analisis Homo Deus Dalam Pandangan Harari serta Fakta Kemajuan Teknologi Di Era Society 5.0. Al-Munzir Vol. 15. No. 1, 85-98.
Pabubung, M. R. (2023). Era Kecerdasan Buatan dan Dampak terhadap Martabat Manusia dalam Kajian Etis. Jurnal Filsafat Indonesia Vol. 6 No. 1, 74.
tekno.kompas.com. (2023, 02 14). “15 Medsos Favorit Orang Indonesia, Nomor 1 Bukan Instagram?”. Retrieved from www.tekno.kompas.com: https://www.tekno.kompas.com/read/2023/02/14/10300097/15-medsos-favorit-orang-indonesia-nomor-1-bukan-instagram?page=all.
Wilga Secsio Ratsja Putri, R. N. (2016). , “Pengaruh Media Sosial terhadap perilaku Remaja” . Prosiding KS: Riset dan PKM Vol. 3 No.1. , 47-51.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Filsafat Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Filsafat Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.