EFEKTIVITAS KONSELING KARIR MODEL GINZBERG UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMP NEGERI 1 GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • I Made Bagus Dwi Cipta Santosa Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1509

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Efektivitas Konseling Karir Model Ginzberg untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMP Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2013/2014, secara rinci yaitu: (1) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan Kematangan Karir antara kelompok siswa yang diberi layanan Konseling Karir Model Ginzberg dengan kelompok siswa yang tidak diberi layanan Konseling Karir Model Ginzberg di SMP Negeri 1 Gianyar dan (2) Untuk mengetahui Konseling Karir Model Ginzberg efektif untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMP Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2013/2014.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain ”Pretest-Posttest Control Group Design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gianyar. Sampel penelitian dengan teknik Random Sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas IX A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IX B sebagai kelompok kontrol. Rancangan penelitian ini adalah pre-posttest-control group design. Data kematangan karir ini dikumpulkan dengan metode pemberian kuesioner yang dianalisis dengan analisis univariat dan metode statistik parametrik dibantu dengan Program SPSS 17.0.

Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa konseling karir model Ginzberg efektif untuk meningkatkan kematangan karir siswa, ini dilihat dari hasil analisis nilai thitung> ttabel dengan taraf signifikan 5% (15,400>2,042). Berdasarkan analisis tersebut,menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima.

Sebagai implikasi penelitian ini diharapkan dapat diwacanakan sebagai salah satu model pelatihan bagi guru pembimbing di sekolah-sekolah untuk meningkatkan kematangan karir siswa.

Published

2013-09-02