EFEKTIVITAS KONSELING KARIR MODEL GINZBERG UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMP NEGERI 1 GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.1509Abstract
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Efektivitas Konseling Karir Model Ginzberg untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMP Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2013/2014, secara rinci yaitu: (1) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan Kematangan Karir antara kelompok siswa yang diberi layanan Konseling Karir Model Ginzberg dengan kelompok siswa yang tidak diberi layanan Konseling Karir Model Ginzberg di SMP Negeri 1 Gianyar dan (2) Untuk mengetahui Konseling Karir Model Ginzberg efektif untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMP Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain ”Pretest-Posttest Control Group Design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gianyar. Sampel penelitian dengan teknik Random Sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas IX A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IX B sebagai kelompok kontrol. Rancangan penelitian ini adalah pre-posttest-control group design. Data kematangan karir ini dikumpulkan dengan metode pemberian kuesioner yang dianalisis dengan analisis univariat dan metode statistik parametrik dibantu dengan Program SPSS 17.0.
Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa konseling karir model Ginzberg efektif untuk meningkatkan kematangan karir siswa, ini dilihat dari hasil analisis nilai thitung> ttabel dengan taraf signifikan 5% (15,400>2,042). Berdasarkan analisis tersebut,menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima.
Sebagai implikasi penelitian ini diharapkan dapat diwacanakan sebagai salah satu model pelatihan bagi guru pembimbing di sekolah-sekolah untuk meningkatkan kematangan karir siswa.
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.