PENINGKATANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA KELAS VII SEMESTER II DI SMP NEGERI I GIANYAR

Gede Agung Darmawan

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas VII di SMP Negeri I Gianyar melalui pengimplementasian metode demonstrasi dalam pembelajaran. PTK dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan test yang selanjutnya diolah dan kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode demonstrasi, aktivitas siswa Kelas VII di SMP Negeri I Gianyar yang terlibat dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari 25% pada Siklus I menjadi 85% pada siklus II. Hasil belajar siswaterdapat peningkatan, yaitu dari yang semula nilai rata-ratanya hanya 60,14 menjadi 65,14 pada siklus I dan menjadi 71,86 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar siswa meingkat dari yang semula hanya dari 22,86% menjadi 28,57% pada siklus I dan menjadi 82,86% pada siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengimplementasian metode demonstrasi dalam pembelajaran IPS pada Kelas VII di SMP Negeri I Gianyar dapat menjadi solusi dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa bersangkutan.
Kata Kunci:peningkatan, metode demonstrasi, aktivitas belajar, hasil belajar.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v3i1.11464

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v3i1.11464.g7349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref



Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.