Membangun Nilai Kompetitif Perguruan Tinggi sebagai Organisasi Pembelajaran dalam Perspektif Tatanan Mikro, Makro dan Lingkungan Eksternal
Main Article Content
Abstract
Perguruan Tinggi (PT) sebagai organisasi pembelajaran diharapkan menjadi sebuah organisasi motor penggerak perubahan dalam perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia. Peran PT dalam pendidikan merupakan usaha atau proses yang ditujukan untuk membina kualitas sumber daya manusia seutuhnya agar ia dapat melakukan perannya dalam kehidupan secara fungsional dan optimal. Dengan demikian sesuai hakikat pendidikan, PT pada intinya menolong di tengah-tengah kehidupan manusia dan dapat dirasakan manfaatnya bagi manusia.Melalui implementasi pada tatanan mikro, makro dan Lingkungan Eksternal, PT dapat melakukan berbagai langkah operasional. Artikel ini bertujuan membahas beberapa langkah strategis yang dapat dilakukan Perguruan Tinggi, dalam kaitannya sebagai Organisasi Pembelajaran. Kata Kunci:organisasi pembelajaran, perguruan tinggi, tatanan makro, mikro dan lingkungan eksternal
Article Details
Section
Articles
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)