KARAKTERISTIK DAN KUANTIFIKASI BENTUK PENGELOLAAN SAMPAH PERUMAHAN

Main Article Content

Putu Indra Christiawan

Abstract

Kelurahan Banyuning merupakan bagian dari wilayah Kota Singaraja yang potensial mengalami masalah sampah perumahan. Kenyataan ini didukung dengan keberadaan kompleks perumahan sebagai penggunaan lahan terbesar di Kelurahan Banyuning. Keberadaan kompleks perumahan secara tidak langsung berkontribusi besar terhadap besaran timbulan sampah dan variasi komposisi sampah yang dihasilkan. Berdasarkan dari fenomena tersebut, kajian ini memiliki tujuan untuk: (1) menganalisis karakteristik sampah perumahan dan (2) menganalisis bentuk pengelolaan sampah perumahan.. Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan penelitian ini adalah survei analitik dengan populasi adalah pemukim kompleks perumahan. Penelitian survei analitik ini menggunakan sampel area dengan teknik purposive sampling, dan menggunakan teknik proportional random sampling untuk mengambil sample subjek. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai eksistensi pengelolaan sampah yang diproduksi oleh pemukim kompleks perumahan yang bervariasi berdasarkan besaran timbulan sampah dan jenis komposisi sampah.

Article Details

Section
Articles

References

Aswadi, M., & Hendra. (2011). Perencanaan pengelolaan sampah di perumahan tavanjuka mas. Mektek, 13(2), 99–110.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Buleleng. (2015). Kabupaten Buleleng Dalam Angka Tahun 2015.

Budihardjo, E. (2014). Reformasi Perkotaan: Mencegah Wilayah Urban Menjadi “Human Zoo.” Jakarta: Kompas.

Damanhuri, E., & Padmi, T. (2010). Pengelolaan Sampah. Bandung: ITB.

Guerrero, L. A., Maas, G., & Hogland, W. (2013). Solid waste management challenges for cities in developing countries. Waste Management, 33(1), 220–232.

Hasibuan, R. (2016). Analisis Dampak Limbah/Sampah Rumah Tangga Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup. Jurnal Ilmiah Advokasi, 4(1), 42–52.

Kartikawan, Y. (2007). Pengelolaan Persampahan. Yogyakarta: Andi.

Notoatmodjo, S. (2002). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pitoyo, C. (2003). Studi Komposisi Sampah Perkotaan Pada Tingkat Rumah Tangga di kota Depok. Universitas Gunadarma.

Sadoko, K. (1993). Timbulan, Komposisi dan Karakteristik Sampah. Padang: Universitas Andalas.

Suarna, I. W. (2008). Model Penanggulangan Masalah Sampah Perkotaan dan Perdesaan. In Seminar dan Lokakarya Dies Natalis UNUD ke-46 Universitas Udayana.

Sukrorini, T., Budiastuti, S., Ramelan, A. H., & Kafiar, F. P. (2014). Kajian dampak timbunan sampah terhadap lingkungan di tempat pembuangan akhir (TPA) putri cempo surakarta. Jurnal Ekosains, 6(3), 56–70.