Efektivitas Implementasi Model Pembelajaran Tematik Berbasis Teknohumanistik Dalam Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SD Dwijendra Denpasar

Main Article Content

I Made Astra Winaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan profil SD
Dwijendra. (2) Mengelaborasi nilai-nilai karakter pada siswa yang
mengikuti pembelajaran tematik berbasis teknohumanistik. (3)
Menganalisis efektifitas pengembangan nilai-nilai karakter pada siswa
yang mengikuti pembelajaran tematik berbasis teknohumanistik. Jenis
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian
dilaksanakan di SD Dwijendra Denpasar. Teknik pengumpulan data
menggunakan instrumen kuisioner, wawancara, dan observasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Berdasarkan rumusan visi
tersebut, SD Dwijendra Denpasar berkomitmen untuk mewujudkan
pendidikan yang seimbang antara penguasaan ilmu, prestasi dan juga
sikap, dan tindakan yang mencerminkan nilai agama. Hal tersebut sejalan
dengan konsep pendidikan tenohumanistik. Kedua, elaborasi nilai-nilai
karakter yang dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan
dengan menggunakan model tematik berbasis teknohumanistik
menekankan pembelajaran yang mampu menghasilkan siswa yang
memiliki aklah mulia. Ketiga, Berdasarkan hasil analisis penyebaran
kuesioner, wawancara dan observasi terhadap siswa, guru dan kepala sekolah menunjukan pelaksanaan
pembelajaran tematik berbasis teknohumanistik memiliki efektifitas yang sangat memuaskan terhadap
pengembangan nilai-nilai karakter siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Arnyana, I. B. P. 2004. Pengembangan Perangkat Model Belajar Berdasarkan Masalah dipandu Strategi Kooperatif serta Pengaruh Implementasinya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas pada Pelajaran Ekosistem. Disertasi (tidak diterbitkan) PSSJ Biologi: PPS Universitas Negeri Malang.

Depdiknas. 2008. Rancangan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Depdiknas.

Dick, W. and Carey L. 1990. Systematic Design of Instruction. (3rd Ed). New York: Harper Collins Publisher.

Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Pestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 11(1).

Karli, Hilda. 2015. Penerapan Pembelajaran Tematik SD di Indonesia. EduHumaniora, 2(1).

Lasmawan.2010. Menelisik Pendidikan IPS dalam Persepektif Kontekstual Empirik. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.

Mungin, E.W. 2012. Mengurai Realita dan Problematika Pendidikan Dasar Serta Antisipasi Menghadapi Globalisasi. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Kajian Pendidikan Dasar Uneversitas Pendidikan Ganesha pada tanggal 11 April 2012.

Natajaya, I Nyoman dan Nyoman Dantes.2015. Perancangan Model Transpormasi Pendidikan Teknohumanistik yang Terintegrasi dengan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ganesha. 4(1).

Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suartama, I K dan I K Sudarma. 2007. Pengembangan Compac Disc Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Laporan Penelitian. Undiksha Singaraja.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutjiono, T. A. S. 2005. Pendayagunaan media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur. 4(4).

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu-Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Surabaya: Bumi Aksara.

Yuliani. 2011. Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPS untuk Siswa SMP Kelas VII. Tesis (tidak dipublikasikan). Surakarta: FTP UNS.

Wena, Made (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer . Jakarta: Bumi aksara.

Winaya, I Made Astra. 2013. Pengaruh Model ARCS Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD CHIS Denpasar. Jurnal Pascasarjana Undiksha. 3(1).

Winaya, I Made Astra. 2016. Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD N. 1 Selanbawak. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya.

Komalasari K,Saripudin D.2017. Pendidikan Karakter: Konsep dan Evaluasi Living Values Education. Bandung: Refika Aditama

Santrock, J.W. 2011. Masa Perkembangan Anak. Buku 2 Edisi 11. Terjemahan Verawati Pakpahan & Wahyu Anugraheni. Jakarta: Salemba Humanika.