Urgensi Habituasi Nilai Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Menengah Keguruan
Main Article Content
Abstract
sangat penting bagi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
mengingat peran SMK menghadapi tantangan di dunia kerja dengan
tuntutan kebutuhan pembinaan sumber daya manusia yang berkualitas.
Oleh karenanya, habituasi nilai karakter kemandirian dan tanggungjawab
harus dilakukan. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan di SMKN 5
Semarang dan SMKN 2 Salatiga, menggali penanaman dan penguatan
karakter kemandirian dan tanggungjawab melalui wawancara, observasi
dan data dari dokumen. Hasil penelitian menunjukkan; bahwa habituasi
nilai karakter kemandirian dan tanggungjawab dilakukan melalui dua
bentuk kegiatan, yakni melalui pelajaran PPKn dan melalui kegiatan diluar
pembelajaran yang saling terintegrasi. Banyaknya mata pelajaran praktik
selama ini, muncul persepsi bahwa mata pelajaran PPKn tidak dianggap
sebagai mata pelajaran yang penting di SMK. PPKn menjadi mata pelajaran
yang menanamkan karakter bagi peserta didik di SMK selain mata
pelajaran lainnya. Penilaian karanter kemandirian dan tanggungjawab pada mata pelajaran PPKn
diintegrasikan dengan mata pelajaran lainnya, misalnya ketika siswa melaksanakan kegiatan praktik
dengan menggunakan “Kartu Kendali Individu”. Dengan demikian, karakter kemandirian dan
tanggungjawab dapat merembes ke dalam aktifitas peserta didik SMK melalui kegiatan di luar jam kelas.
Article Details
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
References
Dahliyana, Asep. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah. Sosio Religi Jurnal Pendidikan Umum/Nilai. 15(1).
Djojonegoro, Wardiman. (1998). Pengembangan Sumberdaya melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Jayakarta Agung Offset.
Hidrawati, 2017. Sosialitas. Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant.
Jenkins, Richard. 2016. Membaca Pikiran Pierre Bourdieu. Bantul. Kreasi Wacana offset.
Kementerian Pendidikan Nasional, Badan penelitian dan pengembangan, Pusat kurikulum. 2011, Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat
Kurikulum.
Rachman, Maman dan Lestari, Puji. 2017. Pendidikan dan Pembinaan Karakter Bangsa. Semarang: Fastindo.
Tirtoni, Fery. 2016. Pembelajaran PKn di SD Inovasi melalui Strategi Habituasi dan Program Kegiatan Sekolah Berkarakter.Yogyakarta: CV. Buku Baik.
Wuryadani, Wuri. Fathurrohman. Ambarwati, Unik. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding School. Cakrawala Pendidikan.
UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.