Urgensi Habituasi Nilai Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Menengah Keguruan

Main Article Content

Puji Lestari

Abstract

Penanaman dan penguatan karakter kemandirian dan tanggung jawab
sangat penting bagi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
mengingat peran SMK menghadapi tantangan di dunia kerja dengan
tuntutan kebutuhan pembinaan sumber daya manusia yang berkualitas.
Oleh karenanya, habituasi nilai karakter kemandirian dan tanggungjawab
harus dilakukan. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan di SMKN 5
Semarang dan SMKN 2 Salatiga, menggali penanaman dan penguatan
karakter kemandirian dan tanggungjawab melalui wawancara, observasi
dan data dari dokumen. Hasil penelitian menunjukkan; bahwa habituasi
nilai karakter kemandirian dan tanggungjawab dilakukan melalui dua
bentuk kegiatan, yakni melalui pelajaran PPKn dan melalui kegiatan diluar
pembelajaran yang saling terintegrasi. Banyaknya mata pelajaran praktik
selama ini, muncul persepsi bahwa mata pelajaran PPKn tidak dianggap
sebagai mata pelajaran yang penting di SMK. PPKn menjadi mata pelajaran
yang menanamkan karakter bagi peserta didik di SMK selain mata
pelajaran lainnya. Penilaian karanter kemandirian dan tanggungjawab pada mata pelajaran PPKn
diintegrasikan dengan mata pelajaran lainnya, misalnya ketika siswa melaksanakan kegiatan praktik
dengan menggunakan “Kartu Kendali Individu”. Dengan demikian, karakter kemandirian dan
tanggungjawab dapat merembes ke dalam aktifitas peserta didik SMK melalui kegiatan di luar jam kelas.

Article Details

Section
Articles

References

Dahliyana, Asep. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah. Sosio Religi Jurnal Pendidikan Umum/Nilai. 15(1).

Djojonegoro, Wardiman. (1998). Pengembangan Sumberdaya melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Jayakarta Agung Offset.

Hidrawati, 2017. Sosialitas. Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant.

Jenkins, Richard. 2016. Membaca Pikiran Pierre Bourdieu. Bantul. Kreasi Wacana offset.

Kementerian Pendidikan Nasional, Badan penelitian dan pengembangan, Pusat kurikulum. 2011, Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat

Kurikulum.

Rachman, Maman dan Lestari, Puji. 2017. Pendidikan dan Pembinaan Karakter Bangsa. Semarang: Fastindo.

Tirtoni, Fery. 2016. Pembelajaran PKn di SD Inovasi melalui Strategi Habituasi dan Program Kegiatan Sekolah Berkarakter.Yogyakarta: CV. Buku Baik.

Wuryadani, Wuri. Fathurrohman. Ambarwati, Unik. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding School. Cakrawala Pendidikan.

UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.