ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP FASILITAS PEMBANGUNAN DI PERUMAHAN GRAHA ASRI, KELURAHAN BANYUASRI

Main Article Content

Amirul Ikram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi fasilitas pembangunan perumahan, dan menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap fasilitas pembangunan di perumahan Graha Asri. Rancangan penelitian menggunakan rancangan deskriptif dengan metode studi kasus. Penentuan sampel menggunakan teknik snowball sampling. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara mendalam, dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perumahan Graha Asri yang bertempat di Kelurahan Banyuasri memiliki fasilitas yang memadai dan terbilang cukup baik. Diantara fasilitas-fasilitas yang disediakan di perumahan tersebut berupa jalan yang memadai, jaringan listrik, penerangan umum, jaringan air bersih dan sistem drainase. Sedangkan untuk tingkat kepuasaan terhadap fasilitas yang di sediakan, masyarakat perumahan Graha Asri memiliki kurve yang menyatakan puas.

Article Details

Section
Articles

References

Adrian, A. (2015). Lingkungan Rumah Ideal. In IPLBI. Bandung.

Ghani, R., Jaffar, M., & Daud, M. Y. M. (2014). Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Perumahan yang Memberi Kesan Terhadap Gelagat Pembayaran CAJ Perkhidmatan Bagi Perumahan Bertingkat. Intelek, 9(1), 52–62.

Pamungkas, Hari Bagyo Enggal. Harianto, Feri. (2012). Analisis Kualitas Perumahan Mutiara Regency Sidoarjo. IPTEK, 16(1), 1–8.

Hartanto, Try. No Title. Perumahan Casa Grande di Yogyakarta.

Ilhamdaniah. (n.d.). Kajian Pengembangan Lahan Untuk Kawasan Perumahan Kota Bandung Ditinjau Dari Aspek Status Kepemilikan Tanah Dan Prefensi Pengembangan Perumahan. Bidang Rekayasa, 8(2), 243–252.

Permukiman dalam UU No.1 tahun 2011.

Sugiono. (2004). Metode Penelitian.