Model Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS/Sejarah Siswa Kelas IXG SMP Negeri 3 Semarapura

Main Article Content

Ni Ketut Sukasni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas IXG  SMP Negeri 3 Semarapura pada semester 1 tahun  pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subjek  penelitian sebanyak 27 orang siswa kelas IXG SMP Negeri 3 Semarapura. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IXG SMP Negeri 3 Semarapura pada semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dimana data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dari nilai rata-rata sebesar 7,19 dengan daya serap 71,9% dan ketuntasan klaksikal 70,4% pada siklus I menjadi 7,93  dengan daya serap 79,3% dan ketuntasan klaksikal 100% pada siklus II, keduanya berada pada kualifikasi baik.

Article Details

Section
Articles

References

Arisinta, R. (2017). Pengembangan Group Investigation Dengan Permainan “Aku Seorang Detektif” Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 5(2), 732–742.

Khafid, S. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Geografi dengan Pendekatan Konstruktivistik. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(1), 1–12.

Khoirunisyah, S., Purwanti, E., & Yanuarita, P. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Kreatif, 7(1), 73–80.

Lestari, P., Setiawan, A., & Puspitaningrum, A. (2018). Urgensi Habituasi Nilai Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Menengah Keguruan. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 114–119.

Matroji. (2016). Penerapan Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Materi Pengaruh Sejarah Dunia Terhadap Sejarah Bangsa Indonesia Abad 18-20. Pedagogia, 14(2), 356–362.

Naim, M. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Penerapan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 55(1), 75–81.

Nasution. (2001). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi. (2004). Contextual Approach In Teaching And Learning Languages. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16, 1438–1445.

Putrawan, N. E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif PPKn Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(1), 13–22.

Ridhani, A. A. (2004). Pembelajaran Interpretatif Dengan Pendekatan Cooperative Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 71–80.

Rulianto, F. H. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127–134.

Setiawan, U., Maryani, E., & Nandi. (2018). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Geografi SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1), 12–21.

Siregar, E., & Mara, B. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Pengetahuan Konseptual Siswa SMA Muhammadiyah 2 Medan T.P. 2015/2016. Jurnal INVAFI, 4(4), 1–10.

Slavin, R. E. (1995). Cooperatif Learning: 2nd Ed. Boston: Allyn and Bacon.

Sujaya. (2005). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Seting Kooperatif Tife Group Investigation Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Dasar Dalam Pembelajaran Energi Dan Usaha Pada Siswa Kelas IA2 SMP Negeri I Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wagiran. (2006). Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Dan Reduksi Miskonsepsi Melalui Pembelajaran Konstruktivistik Model Kooperatif Berbantuan Modul. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 25–32.

Wahyuni, N. L. P. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Asesmen Kinerja Terhadap Keterampilan Porses Sains. International Journal Of Elementery Education, 2(3), 202–210.